PLN UP3 dan Pelindo IV Ambon Luncurkan Alma di Pelabuhan Slamet Riyadi

oleh
oleh
PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon bersama PT Pelindo IV Ambon meluncurkan tiga unit Anjungan Listrik Mandiri (Alma) di Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon, Rabu (9/11/2022). FOTO : HUSEN

TERASMALUKU.COM,- AMBON- PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon bersama PT Pelindo IV Ambon meluncurkan tiga unit Anjungan Listrik Mandiri (Alma) berkapasitas masing-masing 23.000 VA di Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon, Rabu (9/11/2022).

Peluncuran program Electrifying Marine untuk memperkuat pasokan listrik di Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon ini, ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatangan kerjasama oleh Kepala PLN UP3 Ambon, Yusrizal dan General Manager (GM) Pelindo IV Ambon, I Nengah Suryana Jendra.

GM Pelindo Ambon I Nengah Suryana Jendra dalam sambutannya memberikan apresiasi atas pelaksanaan launchin Alma di Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon.

Menurut Jendra, pengadaan Alma penting dilakukan untuk mengurangi gas emisi di pelabuhan khususnya di Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon.

“Nah ini juga ada surat edaran dari DJPL terkait penggunaan konsorpower, kalau di Pelindo itu Alma. Jadi sama dengan PLN yaitu Anjungan Listrik Mandiri,” jelasnya.

Jendra berharap program Alma yang diluncurkan saat ini dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. “Mudah-mudahan nanti dalam mensuplai ke kapal tidak ada kendala, dan ini teknisnya sudah dihitung,” ungkap Jendra.

Selanjutnya, kata Jendra, pihaknya akan menyampaikan ketersediaan Alma kepada pihak pelayaran dalam hal ini nahkoda kapal yang bersandar di Pelabuhan Slamet Riyadi.

“Sehingga kapal-kapal yang bersandar di Slamet Riyadi bisa menjadi pilot project, dan nanti kalau sudah sukses kita akan bergeser ke Pelabuhan Yos Sudarso atau Pelabuhan Siwabessy,” harapnya.

Jendra mengaku pihak pelayaran akan menggunakan Alma apabila mereka telah mengetahui kegunaannya lebih hemat dibanding menggunakan BBM. “Semoga di Pelabuhan Slamet Riyadi ini bisa menjadi percontohan dan sukses,” harapnya.

Kepala Lalu lintas KSOP Ambon Sugiman mengatakan, launching Alma saat ini merupakan terobosan dan inovasi dari PLN UP3 dan Pelindo Regional IV Ambon.

BACA JUGA :  Patung Christina Martha Tijahahu di Museum Siwalima

“Jadi memang pemerintah khususnya di Kementerian Perhubungan sangat mengharapkan implementasi listrik darat ini (Alma),” kata Sugi.

Ketersediaan Alma bertujuan untuk mengalihkan penggunaan listrik dari kapal-kapal yang sebelumnya memakai BBM.

“Ini tentu akan sangat bermanfaat dan dapat dirasakan oleh pengguna jasa kita. Dan mudah-mudahan ini dapat menjadi pilot project dan dapat ditiru oleh pelabuhan-pelabuhan lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala PLN UP3 Ambon Yusrizal, mengaku bersyukur karena rencana peluncuran Alma di pelabuhan Slamet Riyadi Ambon dapat terealisasi.

“Program ini dapat terwujud berkat dukungan dari manajemen Pelindo. Ini tantangan kami karena kami harus menyiapkan tambahan karena di sekitar Pelindo khususnya di depan Koramil ada sumber daya trafonya yang sudah overload,” jelasnya.

Dengan kondisi tersebut, Yusrizal mengaku pihaknya terus berupaya hingga akhirnya dapat diselesaikan dengan menyediakan gardu baru.

“Kami juga menyampaikan terima kasih karena dari Kementerian mendukung, dan nanti akan bermanfaat bagi pelabuhan sendiri dan yang punya kapal, kemudian pengelola, asosiasi, dan ini kalau digunakan akan sangat efisien,” jelasnya.

Menurut Yusrizal, bila dibandingkan dengan penggunaan BBM maka penggunaan Alma akan sangat menghemat biaya bisa sampai 50 persen.

“Dan Alma ini akan jauh lebih efisien jika digunakan. Dan kami siap mendukung Pelindo untuk menjalankan peralatan di Pelindo,” katanya.

Yusrizal juga berharap Pelabuhan Slamet Riyadi dapat menjadi percontohan bagi pelabuhan lainnya di wilayah kerja UP3 Ambon.

“Ada 14 pelabuhan dari Pulau Buru sampai di Banda, Saparua, Haruku. Jadi kita akan fasilitasi semuanya dengan Alma. Karena ini akan sangat terbantukan,” tandasnya.

Setelah peluncuran Alma, dilanjutkan dengan uji coba pada KM. Permata Obi. GM Pelindo Regional IV Ambon, I Nengah Suryana Jendra, dan Kepala PLN UP3 Ambon, Yusrizal dan Kepala Lalu lintas KSOP Ambon, Sugiman, memantau uji coba tersebut. Mereka memantau dari kamar mesin kapal penumpang tersebut dan berhasil.

BACA JUGA :  Kasrul Resmi Pimpin PBSI Maluku Periode 2022-2026

Liputan : Husen

Editor : Hamdi

No More Posts Available.

No more pages to load.