Kapten Belanda Virgil Van Dijk Tak Mau Butakan Diri Dari Nasib Pekerja Migran

oleh
oleh
Foto udara Stadion Education City di Al Rayyan, Qatar, yang rampung dibangun sebagai salah satu arena untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2022. (ANTARA/Twitter@roadto22en)

TERASMALUKU.COM,-Kapten Belanda Virgil van Dijk mengatakan pemain “tidak buta atau tuli” terhadap kekhawatiran mengenai perlakuan kepada pekerja migran yang menjadi sorotan menjelang Piala Dunia di Qatar.

Van Dijk dan anggota skuad lainnya bertemu dengan sekitar 20 pekerja pada akhir sesi latihan Kamis (17/11/2022) di Doha dengan memberikan tanda tangan dan bermain sepak bola dengan mereka.

“Itu adalah hal yang kita semua inginkan sebagai sebuah kelompok. Itulah mengapa kami memulai proses ini dan senang bertemu dengan mereka serta agak mengenal mereka,” kata kapten timns Belanda itu seperti dikutip AFP seperti diberitakan Antara.

“Anda tak punya waktu banyak tetapi Anda melewatkan percakapan kecil dan itu memberikan energi kepada kami karena mereka sangat positif untuk bertemu dengan kami. Persis sama dengan kami,” katanya.

Piala Dunia Qatar didominasi oleh kekhawatiran atas perlakuan negara Teluk itu terhadap kaum migran, perempuan, dan komunitas LGBTQ.

Kelompok HAM dan media menyebutkan ribuan pekerja mungkin tewas di lokasi-lokasi pembangunan infrastruktur. Pemerintah menyebut klaim itu “keterlaluan dan ofensif”, dan mengatakan sedang mempertimbangkan langkah “hukum” demi mempertahankan martabat negara itu.

“Jelas kami tidak buta, kami tidak tuli,” kata Van Dijk.

“Kami melihat semua outlet berita mengatakan begitu banyak hal terjadi di sini, jadi bagi kami ada baiknya untuk mengutarakan pendapat sendiri.”

“Kita harus tergantung kepada diri kita sendiri dan bertemu orang-orang. Memang tak mudah karena pada akhirnya ini semua tentang bermain sepak bola. Bagi kami itu hal besar dan poin besar untuk bertemu dengan mereka.”

Federasi sepak bola Belanda berencana melelang kaus yang akan dikenakan tim dalam Piala Dunia ini yang hasilnya hasilnya akan disalurkan “untuk memperbaiki situasi pekerja migran di Qatar”.

BACA JUGA :  Jenazah Briptu Faisal Helut Akan Dimakamkan di Taman Makam Bahagia Ambon

Pewarta : Jafar M Sidik/Antara
Editor :

No More Posts Available.

No more pages to load.