Uji Lab Sampel Makanan CV Fildzah Jaya, Labkesda Maluku : Hasilnya Negatif dari Bakteri Pemicu Keracunan

oleh
Ilustrasi

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Plt Kepala Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung mengatakan hasil uji sampel spesimen atas dugaan keracunan makanan yang terjadi di SMA Siwalima sudah diketahui.

Pemeriksaan atau uji lab dilakukan di Balai Labkesda Provinsi Maluku di Ambon.

Dari hasil uji laboratorium terhadap 6 item sampel spesimen yang diambil Puskesmas Nania dari makanan yang disajikan CV. Fildzah Jaya selaku pihak ketiga pemenang tender Makan Minum Siswa Guru SMA Negeri Siwalima Ambon, hasilnya negatif, tak ditemukan adanya bakteri pemicu diare atau keracunan makanan.

Sebagaimana diketahui, Jumat pekan, puluhan siswa SMA Negeri Siwalima Ambon keracunan massal hingga harus dapatkan perawatan medis akibat alami mual-mual, pusing juga ada yang tak sadarkan diri.

Diduga, makanan yang disajikan pihak ketiga, CV. Fildzah Jaya jadi faktor penyebab peristiwa yang menimpa kurang lebih sekitar 70 orang siswa itu.

dr. Adonia Rerung

“Hasil pemeriksaan terhadap sampel (spesimen) yang dikirim (ke Labkesda) negatif, tidak ada bakteri penyebab,”ungkap dr. Rerung menjawab Terasmaluku.com dikonfirmasi Selasa (22/11/2022).

Sampel spesimen yang diperiksa Labkesda ini kata dia merupakan sampel spesimen yang dikirimkan pihak Puskesmas Nania, pihak yang melakukan pengambilan sampel spesimen pasca peristiwa.

“Karena kita (Labkesda) hanya menerima sampel, bukan yang turun, yang ambil sampel itu Puskesmas Nania, itu wilayah kerja Puskesmas Nania, dan dari enam (jenis) sampel yang dikirim (ke Labkesda) negatif semua dari bakteri-bakteri pemicu diare, keracunan,”tandasnya.

Hasil uji lab ini akan dilaporkan secara resmi ke Dinas Kesehatan.

Penulis : Ruzady Adjіѕ

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

BACA JUGA :  Ayah Tiri di Kabupaten Buru Jadi Tersangka Kasus Pemerkosaan Anak Dibawah Umur, Ini Ancaman Hukumannya

No More Posts Available.

No more pages to load.