Kemenkeu Mengajar di SMA, SMP dan SD Ambon

by
Kepala Kanwil DJBP Maluku, Maudi, saat berpose dengan Kepala SMP Negeri 4 Ambon, Gustanto bersama para siswa di SMP Negeri Ambon, Senin (28/11/2022). (Foto: Husen Toisuta)

TERASMALUKU.COM,- AMBON-Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJBP) Provinsi Maluku menggelar program Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Mengajar ke 7 di Kota Ambon, Senin (28/11/2022).

Terdapat 4 sekolah di Kota Ambon yang diselenggarakan program Kemenkeu Mengajar. Diantaranya SMA Negeri Siwalima, SMP Negeri 4, SD Negeri 4 dan MIT Assalam Ambon.

Maudi, Kepala Kanwil DJBP Maluku mengatakan, program Kemenkeu mengajar bertujuan untuk memberikan kesadaran bagi para siswa terkait peran pemerintah.

“Kami dari kementerian keuangan menyelenggarakan kemenkeu mengajar ini yang ketujuh. Kita ingin anak-anak sadar dan paham peran pemerintah dalam pembangunan,” kata Maudi kepada wartawan di SMP Negeri 4 Ambon.

. Kepala Kanwil DJBP Maluku, Maudi, saat melakukan pengenalan dengan siswa di dalam ruangan kelas SMP Negeri 4 Ambon

Anak-anak diharapkan dapat memahami mengapa sampai mereka bisa mendapatkan pendidikan gratis. Diajarkan oleh guru-guru terbaik dan di bangunan sekolah.

“Kita ingin mereka tahu dan paham yang mereka dapatkan itu karena peran pemerintah, bagaimana pemerintah membiayai gedung, menggaji guru, mereka berangkat sekolah melewati jalan. Dan itu semua dibiayai atau dibangun pemerintah. Jadi kesadaran terhadap para pemerintah ini yang kita ingin dapat dari adik-adik,” katanya.

Kemenkeu mengajar, juga diharapkan dapat membuat para siswa paham bahwa pemerintah Indonesia dalam melakukan semua hal tersebut memerlukan pendanaan. Dan pendanaan yang didapat pemerintah dari pembayaran pajak dari masyarakat.

“Kita ingin mereka (siswa) juga paham bahwa pemerintah Indonesia ini juga perlu pendanaan dari pajak. Nah bagaimana teman-teman nanti adik-adik sadar bahwa sebagai warga negara yang baik juga harus patuh membayar pajak,” katanya.

Selain itu, kata Maudi, kegiatan ini juga dilakukan agar para siswa dapat mengenal tugas dan peran Kementerian Keuangan dalam mengelola APBN; peran APBN dalam dunia pendidikan masa kini; berbagai Proyek Strategis Nasional; Pengenalan profesi yang ada di Kementerian Keuangan; serta Cerita inspirasi untuk menjaga semangat belajar siswa.

BACA JUGA :  Pemred Kabar Timur Laporkan Kasus Pengancaman ke Polres Ambon

“Kami ingin adik-adik kenal Kemenkeu ikutan, tugasnya apa, hubungannya dengan pembangunan apa. Barangkali nanti mereka ada cita-cita ingin bekerja di kementerian keuangan,” jelasnya.

Sementara itu, Gustanto, Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Ambon, mengaku bangga karena sekolah yang dipimpinnya terpiliha sebagai tempat pelaksanaan program Kemenkeu Mengajar. “Memang satu kebanggaan bagi kami karena untuk jenjang SMP itu hanya di sini,” katanya.

Gustanto mengaku kegiatan ini sangat positif dalam memberikan pemahaman kepada siswa. Ini juga dapat memberikan motivasi bagi para siswa sehingga mereka mendapatkan informasi-informasi bukan hanya pembelajaran di kelas tapi ada juga dari Kemenkeu.

“Sebagai salah satu sekolah penggerak di Ambon kami selalu membuka diri untuk hal seperti ini. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada kementerian keuangan karena telah memilih SMP Negeri 4 Ambon,” ujarnya.

Gustanto berharap para siswa bisa lebih paham tentang perpajakan, dan mengetahui bahwa tanggung jawab masyarakat membayar pajak tujuannya untuk membangun pendidikan, dan sebagainya.

“Sehingga pada waktunya juga mereka akan menjadi masyarakat yang taat dan tertib terhadap aturan di negara ini mereka akan sadar pajak dan sebagainya,” harapnya.

Liputan : Husen

Editor : Hamdi

No More Posts Available.

No more pages to load.