Peringatan HUT Dharma Wanita ke-23, Gelar Aksi Sosial Donor Darah

oleh
Kegiatan sosial donor darah di Tribun Lapangan Merdeka peringati HUT Dharma Wanita Kota Ambon ke-23, (28/11). FOTO: Prisa Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Peringatan HUT Dharma Wanita ke-23 Kota Ambon diisi dengan aksi sosial donor darah di Tribun Lapagan Merdeka, Senin (28/11/2022).

Sejak Senin pagi sudah hampir 50 orang yang mendaftar untuk donor darah. Ketua Dharmawanita Yohana Ririmasse mengatakan kegiatan ini untuk membantu ketersediaan darah serta solidaritas di masyarakat.

“Kegiatan ini untuk tingkatkan kepedulian dan rasa solidaritas terhadap masyarakat. Seperti tema kami, Katong Sehat Mereka Selemat,” kata Ririmasse.

Mereka menargetkan 100 kantong darah dari kegiatan hari ini. Darah-darah tersebut diharapkan dapat membantu ketersediaan darah dan kebutuhan di beberapa rumah sakit yang ada.

“Kami kerjasama dengan rumah sakit yang butuh donor darah bersama PMI juga,” jelasnya. Apalagi kondisi stok darah PMI Kota Ambon tidak menentu.

Wakil Kepala Markas PMI Kota Ambon George Norman Collin Pattikawa menegaskan kegiatan semacam ini amat membantu ketersediaan darah di PMI.

“Di sini kebutuhan sangat tinggi, naik turun stoknya. Kadang permintaan banyak stok sedikit, stoko banyak permintaan sedikit,” jelas Pattikawa.

Menurutnya stok darah sealu terpenuhi hanya saja pada saat-saat tetentu kebutuhan darah sangat tinggi.

PMI Kota Ambon juga melayani permintaan darah dari luar kota. karena itu dibutuhkan lebih banyak kantong. Terkait banyak kejadian stok darah habis, George menyatakan hal itu lantaran ada ketidakcocokan darah.

“Ada kalanya stok ada. Tapi pendonor dan penerima donor darahnya tidak cocok. Jadi disarankan untuk cari anggota keluarga sedarah. Bukan karena habis stoknya,”lanjut dia.

Untuk itu phaknya sangat mengharapkandukungan masyarakat untuk mendonor darah serta menjadikannya sebagai sebuah gaya hidup.

Penulis : Priska Birahy

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

 

BACA JUGA :  Kalahkan Denmark, Mbappe Jadikan Prancis Tim Pertama Lolos ke 16 Besar Piala Dunia

No More Posts Available.

No more pages to load.