Gempabumi Tektonik M5,2 Guncang Laut Seram

oleh
oleh
BMKG: Waspada hujan disertai petir-angin kencang di sejumlah wilayah. FOTO : ANTARA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wilayah Pantai Utara Maluku Tengah, Maluku diguncang gempa tektonik pada Selasa 29 November 2022 pukul 05.26.42 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono  mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1.

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,79° LS ; 129,85° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 79 km arah BaratLaut Seram Bagian Timur, Maluku pada kedalaman 10 km,” kata Daryono dalam siaran persnya.

Daryono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Laut Banda.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault),” jelasnya.

Ia mengatakan, gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Seram Utara dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI,” kata Daryono.

“Hingga pukul 05.56 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 (dua) aktivitas gempabumi susulan ( aftershock),” katanya lagi.

Kepada masyarakat, Daryono menghimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” jelasnya.

Editor : Hamdi

BACA JUGA :  Pangdam Pattimura dan Ketua MUI Bahas Pembinaan Mental Prajurit TNI

No More Posts Available.

No more pages to load.