Maluku Sudah Punya Terminal LPG

by
Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution memberikan keteran pers usai peresmian Terminal LPG Depo Wayame Kota Ambon Selasa (6/12/2022). FOTO : PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pertamina MOR VIII Papua Maluku dan Maluku Utara meresmikan Terminal LPG Depo Wayame, Kota Ambon, Maluku. Terminal pengisian gas LPG ini mudahkan akses, ketersediaan dan penggunaan gas rumah tangga.

Jika sebelumnya gas LPG didatangkan menggunakan tabung-tabung dari Surabaya, Jawa Timur, keberadaan terminal LPG bakal memangkas biaya serta memastikan ketersediaan jumlah gas lebih aman.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution menyatakan pembangunan Terminal LPG merupakan proyek strategis nasional.

“Terminal LPG ini sangat membantu akses terjangkau mudah didapat dan itu yang kami upayakan,” jelas Nasution usai peresmian Terminal LPG Depo Wayame, Selasa (6/12/2022) siang.

Proyek strategis nasional itu memastikan terjaminnya ketahanan bahan bakar bagi masyarakat.

Sebelumnya, bahan bakar gas dikirim dari Surabaya menggunakan tabung-tabung gas. Kendalanya yakni pada biaya yang besar, keterbatasan jumlah dan stok di wilayah.

Namun dengan adanya tangki-tangki penampung di terminal LPG Depo Wayame, maka dapat memangkas semua kendala. “Tangkinya ini 2×1.000 matrik ton. Kalau dijadikan hari konsumsinya bisa bertahan sampai 100 hari,” papar Nasution.

Itu artinya satu tangki di terminal LPG mampu menjamin kebutuhan masyarakat selama tiga bulan.

Seiring pembangunan terminal, kebutuhan gas masyarakat di Maluku bergerak naik secara drastis. Dari sebelumnya kebutuhan gas 2,5 ton per hari, kini menjadi 5 ton perhari.

“Proyeksi kalau di Maluku 5 matrik ton per hari di Jayapura sudah 12 metrik ton per hari dari sebelumnya 5 matrik ton perhari. Berarti ini pertumbuhannya luar biasa. Karena tidak lagi tabung-tabung dibawah dari Surabaya, “lanjut Nasution.

Dengan keberadaan terminal LPG Depo Wayame, akan terus tumbuh penggunaan bahan bakar gas di masyarakat.

Khusus di Ambon ada 4 agen besar yang nantinya pendistribusian akan dilakukan ke sub agen masing-masing. Yang nantinya bakal menjangkau ke daerah-daerah terpencil.

BACA JUGA :  Delapan Rumah Rusak Berat Akibat Banjir dan Longsor di Leihitu-Leihitu Barat

LIPUTAN : PRISKA BIRAHY

No More Posts Available.

No more pages to load.