Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru dan Siswa

oleh
oleh
FOTO : ISTIMEWA

Google Classroom merupakan aplikasi buatan Google yang menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan guru dan murid dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Aplikasi ini memudahkan guru untuk memberikan materi, pekerjaan rumah, hingga berinteraksi dengan murid dalam keadaan jarak jauh.

Google Classroom dilengkapi dengan beberapa fitur untuk kegiatan belajar mengajar seperti membuat kelas, mengundang siswa, menyiapkan sistem penilaian, membuat tugas, membuat kelas online, hingga fitur screen reader untuk membantu siswa berkebutuhan khusus. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara mengguanakan Google Classroom yang perlu Anda ketahui.

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru

  1. Membuat Kelas

– Langkah pertama yaitu masuk ke aplikasi Google Classroom yang telah didownload atau buka website classroom.google.com

– Pada layar akan muncul sejumlah pilihan kemudian klik “create class”.

– Lalu pada layar tersebut akan menampilkan formulir yang isinya kelas, subjek kelas, sesi kelas dan ruangan.

– Langkah selanjutnya isi formulir tersebut, kemudian klik “create” maka kelas berhasil dibuat.

  1. Mengundang Siswa

Langkah pertama yaitu pilih kelas yang akan dibagikan kemudian lihat di bagian kiri di bawah judul kelas ada menu “Kode Kelas” klik kode tersebut lalu bagikan kepada para siswa

  1. Membuat Tugas

Pertama pada menu klik “Tugas Kelas”, dan pilih “Tugas”. Kemudian isi judul tugas beserta petunjuk pengerjaannya. Jika Anda tidak menambahkan materi atau melampirkan file, klik saja menu “Tambahkan”. Setelah itu masuk ke bagian setting lalu atur ketentuan tugas seperti poin, dan batas waktu pengerjaan. Jika semua sudah selesai, klik “Tugaskan”

  1. Memposting Materi

Pertama pada menu klik “Tugas Kelas”, dan pilih “Materi”. Kemudian isi judul dan deskripsi materi tersebut. Lalu klik “Tambahkan” untuk melampirkan materi atau file dari link, file, google drive, atau pun youtube. Kemudian masuk ke bagian setting dan atur mau ditujukan kepada siapa saja materi dan topik tersebut.

  1. Melihat Tugas Yang Dikirimkan
BACA JUGA :  Rektor IAKN Ambon Buka Kegiatan PkM di Klasis Pulau-Pulau Letti Moa Lakor

Pada menu klik “Tugas Kelas”, dan pilih atau klik “Tugas”. Kemudian pada menu tersebut akan ditampilkan detail tugas, lalu klik “Diserahkan” akan muncul data atau file jawaban dari siswa yang telah menyerahkan tugas. Anda tinggal Klik file tersebut, dan  berikan penilaian atau tanggapan. Jika telah selesai, klik menu atau tombol “Kembalikan”

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa

  1. Bergabung Kelas

Pertama Login atau masuk ke aplikasi Google Classroom yang telah didonwload atau masuk ke laman classroom.google.com. Lalu pilih tanda “+” yang berada di atas sudut kanan dan pilih “Gabung Kelas”. Setelah itu, masukkan kode kelas yang telah diberikan guru kemudian klik “Gabung”

  1. Mengirim Tugas

Pada menu klik “Tugas Kelas”, kemudian pilih tugas yang akan kamu kerjakan. Setelah itu, akan muncul detail tugas-tugas yang bisa dipilih, lalu klik “Lihat Pertanyaan” untuk jawab pertanyaan. Kemudian kamu bakal diarahkan ke halaman pertanyaan, kamu pun bisa menjawabnya pada kolom yang telah disediakan. Apabila sudah selesai menjawab atau mengerjakan, klik “Serahkan” dan selesai.

Itulah cara menggunakan Google Classroom untuk guru dan siswa. Sangat mudah bukan? Perlu diketahui bahwa menggunakan aplikasi Google Classroom ini tanpa memerlukan biaya alias gratis. Dengan syarat yaitu sekolah harus memiliki akun GSuite for Education dan para siswa cukup memiliki akun google.  Selamat mencoba semoga bermanfaat. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.