Jajaran Pemasyarakatan Maluku Gelar Apel Siaga Jelang Nataru, Kadivpas Ingatkan Lima Poin Ini

oleh
Foto : Kanwil Kemenkumham Maluku

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Jajaran pemasyarakatan dalam lingkup Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku menggelar apel siaga secara serentak, Senin (19/12/2022) dalam rangka memastikan stabilitas keamanan dan ketertiban di Lapas dan Rutan menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun baru 2023.

Apel Siaga jelang Nataru ini digelar di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Maluku.
Untuk Pulau Ambon, Apel Siaga Nataru dipusatkan di lapangan upacara Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon, Senin dan dipimpin langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Maluku, Saiful Sahri selaku Pembina Apel dan diikuti oleh perwakilan petugas seluruh UPT PAS se-Kota Ambon.

Turut hadir dalam apel tersebut, pejabat tinggi pratama pada Kanwil Kemenkumham Maluku, Kepala UPT PAS se-Kota Ambon serta Jajaran Komando Rayon Militer 1504/01 Baguala.

Kadivpas Maluku, Saiful Sahri dalam arahannya menginstruksikan lima poin penting untuk dilaksanakan seluruh jajaran pemasyarakatan.

Yakni menjaga kondisi keamanan dan ketertiban di UPT dengan mengoptimalkan penjagaan, pengawasan, monitoring.

Membangun sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum terkait.

“Menjaga integritas dan marwah institusi dengan tidak melakukan tindakan yang mencoreng nama baik institusi seperti mabuk mabukan, penyalahgunaan narkotika, pungli, memberikan pelayanan terbaik bagi WBP dan Masyarakat di setiap area layanan sesuai SOP yang berlaku,”ingatnya.

Mengantisipasi kondisi cuaca, memeriksa kondisi bangunan, listrik, bahan makanan, baik oleh Kepala Satker, Pejabat struktural di bawahnya serta seluruh petugas pemasyarakatan di Maluku.

“Kita berdiri di sini untuk menyatakan komitmen kita sebagai petugas pemasyarakatan dan memastikan bahwa kita siap menyelenggarakan tugas dan fungsi kita selama perayaan Natal dan Tahun baru dengan aman, lancar dan kondusif,” tegas Saiful.

Ia berharap instruksinya dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab oleh seluruh petugas pemasyarakatan sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru dapat berlangsung dengan aman di seluruh UPT.

BACA JUGA :  Pemkot Ambon-Telkom Kerjasama Penyediaan Layanan Wi-Fi Station dan Astinet

Saiful menjelaskan bahwa dalam fungsi pengawasan dan monitoring, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) telah menginstruksikan untuk dibentuk tim pengawasan Nataru Divisi Pemasyarakatan Maluku yang akan ditempatkan di beberapa UPT PAS selama perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Langkah-langkah antisipasi sudah kita lakukan, baik untuk pelaksanaan malam natal, ibadah perayaan Natal, pemberian remisi sampai layanan penitipan barang termasuk membentuk 4 Tim untuk pengawasan di Lapas, Rutan, LPP dan LPKA Ambon mulai dari H-1 sampai puncak Nataru nanti,”ujar Saiful.

Ia menambahkan bahwa sebelumnya juga telah dibuat surat edaran peningkatan kewaspadaan menjelang Nataru untuk dilakukan seluruh UPT.

Kadivpas Kanwil KemenkumHAM Maluku, Saiful Sahri saat serahkan penghargaan kepada petugas Pemasyarakatan, Senin (19/12/2022). Foto : Kanwil KemenkumHAM Maluku

Dalam apel siaga tersebut juga diberikan penghargaan bagi petugas pemasyarakatan yang berhasil gagalkan penyelundupan narkoba ke dalam lapas. Penghargaan diberikan kepada Petugas Lapas Kelas IIA Ambon atas nama La Ode Ence dan Aleksander Tuapattinaya.

Disamping itu juga diberikan penghargaan kepada petugas pemasyarakatan berprestasi yang meraih medali perunggu pada gelaran POPMAL Maluku 2022 yakni Kevin Josse Revuallo. Kevin meraih medali perunggu pada cabang olahraga karate dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV Tahun 2022 lalu.

Penulis : Ruzady Adjis

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

No More Posts Available.

No more pages to load.