Ekspor Rempah ke Eropa, Perusahaan Eskportir Maluku Raih Anugerah Perkebunan Indonesia 2022

oleh
oleh
Direktur Utama PT. Kamboti Rempah Maluku Carla June Pattinama saat menerima penghargaan Anugerah Perkebunan Indonesia tahun 2022, sebagai eksportir rempah asal Maluku ke pasar Eropa, di Jakarta, Rabu (21/12). (HO/Dinas Pertanian Maluku)

TERASMALUKU.COM,-Perusahaan eksportir asal Maluku PT. Kamboti Rempah Maluku meraih penghargaan Anugerah Perkebunan Indonesia tahun 2022 karena dinilai sukses sebagai eksportir rempah-rempah ke sejumlah negara di kawasan Eropa.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Maluku Donny Lekatompessy di Ambon, Kamis, membenarkan PT. Kamboti meraih penghargaan Anugerah Perkebunan Indonesia tahun 2022 yang diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo, di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Penghargaan itu diterima langsung oleh Direktur Utama PT. Kamboti Rempah Maluku, Carla June Pattinama saat Peringatan Hari Perkebunan tahun 2022.

“Ada 12 penerima penghargaan yang berasal dari kalangan pemerintah, peneliti, pengusaha dan UMKM, karena dianggap layak dan berkontribusi bagi pembangunan pertanian khususnya sub sektor perkebunan,” ujarnya.

Dia mengakui, penghargaan itu berdampak selain menggairahkan kinerja perusahaan PT. Kamboti yang selama ini mengekspor komoditi rempah pala, juga akan memotivasi perusahaan pengekspor lainnya untuk bekerja keras mengembangkan usahanya.

Dirut PT. Kamboti Rempah Maluku, Carla June Pattinama secara terpisah membenarkan perusahaan dipimpinnya menerima penghargaan dari Menteri Pertanian. Perusahaan tersebut terakhir melakukan ekspor langsung biji pala Banda dan fuli kering sebanyak delapan ton ke dengan negara tujuan Belanda pada Januari 2022.

“Pala yang diekspor ke Belanda berasal dari Pulau Banda. Tidak ada kendala untuk melakukan ekspor langsung dari Ambon, mengingat komoditas pala banda telah terkenal di kalangan pembeli di Eropa,” katanya.

Dia mengakui, kendala utama yang dihadapi adalah banyaknya kompetitor yang berminat dengan komoditas pala banda, di samping kesiapan petani untuk secara konsisten menghasilkan pala dengan kualitas terbaik.

Pewarta : Jimmy Ayal/Antara
Editor : M Razi Rahman

BACA JUGA :  Pangdam Pattimura Pimpin Sidang Parade Ratusan ┬áCalon Tamtama

No More Posts Available.

No more pages to load.