Latih Lebih 200 Ribu Peserta Program DTS, Kominfo Gelar Digiers Day

oleh
oleh
Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G. Plate, saat peluncuran masyarakat digital Indonesia 2022 di Jakarta, 20 Desember 2022. FOTO : KOMINFO

Akselerasi Transformasi Digital membutuhkan sumber daya manusia yang unggul dengan keahlian seperti Big Data Analytics, Cybersecurity, Cloud Computing, Web Developer, Cyber Operations, Data Analyst, Digital Marketing, Graphic Designer, IT Perbankan, IT Project Management, dan Smart City.  

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melaksanakan Program Digital Talent Scholarship (DTS) 2022 dengan target untuk memberikan beasiswa pelatihan intensif kepada 200.000 peserta agar memiliki keterampilan bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto mengatakan, saat ini Program DTS 2022 telah melatih 225.187  peserta dengan 55,5% laki-laki dan 44,5% perempuan. 

“Jumlah itu diseleksi dari total 283.906 pendaftar. Hingga akhir November masih terdapat 37.229 peserta yang tengah menjalani pelatihan di 8 akademi,” kata Hary Budiarto di Jakarta, Sabtu (10/12/2022).

Sebagai bagian dari program pembangunan prioritas nasional, dan ditujukan untuk masyarakat umum, utamanya angkatan kerja muda hingga aparatur sipil negara di bidang teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa di era Industri 4.0.

“Dengan meningkatnya kompetensi dari talenta digital Indonesia, hal ini tentunya akan berdampak kepada semakin percayanya industri teknologi untuk merekrut tenaga kerja dalam negeri serta kemampuan dari para talenta digital untuk menciptakan lapangan kerja baru,” ungkap Hary Budiarto.

Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G. Plate memberikan sambutan saat peluncuran masyarakat digital Indonesia 2022 di Jakarta, 20 Desember 2022. FOTO : KOMINFO

Pada tahun 2022 ini, terdapat 8 (delapan) academy pelatihan, yaitu: Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Professional Academy (ProA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA), Government Transformation Academy (GTA), Digital Leadership Academy (DLA), dan Talent Scouting Academy (TSA).

“Dalam penyelenggaraannya, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan beberapa pihak, seperti Perguruan Tinggi ( Universitas dan Politeknik), Global Technology Companies maupun perusahaan lokal serta industri,” jelas Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo. 

BACA JUGA :  4 Mobil Agen Pertamina Diduga Transaksi BBM Ilegal Ke Kapal Kargo di Pelabuhan Kobi Sadar, Sempat Ditolak Syahbandar

Digiers Day

Kementerian Kominfo juga telah menyiapkan aplikasi yang memfasilitasi pertemuan antara talenta-talenta digital yang sudah dilatih melalui program DTS dengan berbagai peluang kerja dari beragam industri melalui aplikasi Diploy yang merupakan penyempurnaan dari SIMONAS (Sistem Informasi dan Monitoring Alumni Sertifikasi). 

“Selain diberikan hard-skill, kami juga menyiapkan soft-skills, dan setelah menyelesaikan pelatihan-pelatihan tersebut,” jelas Hary Budiarto.

“Event ini merupakan wadah untuk mempertemukan para alumni DTS dengan mitra perusahaan dan pemberi kerja yang membutuhkan talenta digital. Pada event ini, mitra perusahaan dapat melakukan proses rekrutmen melalui on-the-spot selection baik untuk pemagangan/ penempatan kerja,” kata Hary Budiarto lagi.

Pada 21 Desember 2022, Kementerian Kominfo juga sudah menggelar Digiers Day. Event ini merupakan sebuah event untuk memfasilitasi penyaluran dan perluasan kesempatan kerja bagi alumni Digital Talent Scholarship (DTS) baik yang telah lulus pelatihan maupun sertifikasi.

Digiers Day bertujuan untuk peluncuran dan pengenalan fitur platform Diploy sebagai job portal dan talent pool; pameran hasil project/ karya dari para peserta DTS 2022 dan talkshow inspiratif terkait perencanaan dan pengembangan karir bagi alumni.

Platform Diploy sudah bisa diakses di http://www.diploy.id  (ADV)

No More Posts Available.

No more pages to load.