Kapolda Maluku Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga Hari Pahlawan Martha Christina Tiahahu

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif menjadi inspektur upacara ziarah dan tabur bunga untuk mengenang Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu ke 205 tahun.

Upacara ziarah dan tabur bunga untuk mengenang Pahlawan Nasional asal Maluku ini digelar di atas Dermaga Irian, Markas Komando Lantamal IX/Ambon, Senin (2/1/2023).

Bertindak sebagai komandan upacara yaitu Mayor Laut Kesehatan Marinir dr. Indriyani M.R. Hutagalu Sp.THT.

Hadir dalam upacara tersebut yakni Kasdam XIV/Patimura Brigjen TNI Asep Abdurachman, Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina M.M.,M.T, serta para pejabat utama TNI dan Polri maupun unsur Forkopimda Maluku.

“Bapak Kapolda Maluku tadi menjadi inspektur upacara ziarah dan tabur bunga untuk mengenang Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu. Upacara digelar di Dermaga Lantamal IX/Ambon,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat.

Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan tabur bunga dari atas dermaga oleh Kapolda Maluku, Kasdam Pattimura, dan Danlantamal Ambon.

“Upacara tabur bunga di laut ini merupakan bentuk penghormatan atas jasa pengorbanan Pahlawan Nasional asal Maluku yang ke 205 tahun,” ungkapnya.

Martha Christina Tiahahu lahir di Nusa Laut, Maluku, 4 Januari 1800. Almarhumah wafat di Laut Banda, Maluku, 2 Januari 1818. Almarhumah meninggal di usia yang masih sangat belia yaitu 17 tahun.

Martha Christina Tiahahu tercatat sebagai seorang pejuang kemerdekaan yang unik. Dia merupakan seorang putri remaja yang langsung terjun dalam medan pertempuran melawan tentara kolonial Belanda dalam perang Pattimura tahun 1817. Di kalangan para pejuang dan masyarakat sampai di kalangan musuh, ia dikenal sebagai gadis pemberani dan konsekuen terhadap cita-cita perjuangannya. (***)

BACA JUGA :  Lakukan Probing, PLN UP3 Tual Siapkan Listrik Premium bagi Pelanggan PT Samudera Indo Sejahtera

No More Posts Available.

No more pages to load.