Deteksi Aksi Kejahatan, DPRD Ambon Minta Pemkot Pasang CCTV di Pasar Mardika

oleh
oleh
Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif mengunjungi Pasar Mardika Kota Ambon, Jumat (17/2/2023). FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-DPRD Kota Ambon, Maluku, meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon segera memasang Closed Circuit Television  (CCTV) atau kamera pengawas di seluruh sudut Pasar Mardika Ambon untuk mendeteksi  aksi kejahatan.

Hal ini penting karena di Pasar Mardika Ambon kini marak dengan aksi kejahatan termasuk pencopetan dan penjambretan. Untuk mencegah tindakan kriminal, aparat kepolisian dan Pemkot Ambon sudah menyiagakan pasukan di pos terpadu kawasan Pasar Mardika.

“Kalau bisa pasang CCTV, karena di Pasar Mardika sekarang sudah sangat marak dengan yang namanya pencopetan,” kata Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Jafry Taihuttu di Ambon, Minggu (19/2/2023).

Menurutnya, keberadaan CCTV akan sangat berguna untuk bisa mendeteksi aksi kejahatan dari para komplotan pelaku kejahatan di Pasar Mardika.

Selain itu, akan mempermudah mencari tahu dalang dari aksi pencopetan di Pasar Mardika ini oleh pihak kepolisian.

“Kalau ada alat ini, saya kira gerak-gerik komplotan pencuri ini bisa diketahui. Itu juga dapat membantu polisi mengungkap siapa pelaku dan dalang aksi pencopetan di Pasar Mardika Ambon,” ujarnya.

Di samping itu, ia meminta pedagang maupun warga Kota Ambon lebih waspada ketika berada di pusat keramaian. Karena copet akan beraksi jika ada peluang yang memungkinkan bagi mereka.

“Kami DPRD ingatkan lagi agar warga hati-hati terhadap pencopetan. Barang bawaan yang penting harus dipastikan aman saat berjalan di keramaian,” katanya.

Jafry juga mengimbau warga tidak menggunakan barang berharga yang mencolok ketika bepergian ke pasar atau pusat keramaian lainnya.

“Barang berharga yang mencolok misalnya gelang emas, cincin, anting dan lainnya itu lah yang mengundang pencopet untuk melancarkan aksinya. Jadi penampilan juga harus diperhatikan,” pinta Jafry.

BACA JUGA :  Tidak Mengirim Kafilah STQ Provinsi, Murad Bakal Tegur Bupati Dan Wakil Bupati SBT

Saat ini Polda Maluku dan Pemkot Ambon telah mendirikan pos pengamanan terpadu di Pasar Mardika guna meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sementara dua pelaku pencurian di Pasar Mardika pun kini telah diamankan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Maluku.

Oleh : Winda Herman/Antara
Editor : Agus Salim

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.