Giat Pelayanan Prima, Anggota Pos Sandar Dobo Minta Nelayan Perhatikan Kondisi Cuaca

oleh
oleh
Anggota Kapal Patroli Teluk Ambon Pos Sandar Dobo, Dit Polairud Polda Maluku melakukan giat pelayanan prima kepolisian kapal penumpang di Pelabuhan Rakyat Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, Jumat (17/3/2023). FOTO : DIT POLAIRUD POLDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Anggota Kapal Patroli (KP) XVI – 3002 Teluk Ambon Pos Sandar Dobo, Dit Polairud Polda Maluku melakukan giat pelayanan prima kepolisian di sekitar Pelabuhan Rakyat Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, Jumat (17/3/2023).

Dalam giat ini aparat melaksanakan pengamanan sekaligus pelayanan kepada penumpang KM. Alisha Indah yang baru tiba di Dobo dari Desa Benjina Kecamatan Aru Tengah.

Anggota KP Teluk Ambon memberikan himbauan keselamatan kepada Abk KM. Nur Aeni 02 yang sedang tambat di Pelabuhan PT. RSA, sekaligus menjelaskan tentang tutorial penggunaan serta fungsi alat keselamatan, arti warna dan suling pada lifejacket apabila terjadi musibah atau kecelakaan laut.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan rasa aman kepada penumpang maupun pengguna jasa transportasi laut sebagai wujud perlindungan, pelayanan dan pengayoman terhadap masyarakat di Pelabuhan Rakyat Dobo,” kata Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Handoyo Santoso S.IK, M.Si,

Selain itu, personil Kapal Patroli Teluk Ambon melakukan kegiatan program unggulan Kapolda Maluku yaitu Basudara Manise bersama para nelayan dan ABK kapal yang beraktivitas di Pelabuhan PT RSA.

Pada kegiatan “Duduk bacarita” anggota Dit Polairud Polda Maluku menyampaikan sejumlah hal penting yakni, mengajak para ABK agar sama-sama menjaga dan memelihara Kamtib di lingkungan kerja maupun di dalam masyarakat sehingga tercipta suasana yang kondusif dan aman.

Mengutamakan keselamatan diri maupun penumpang saat berlayar. Memberitahukan dan mengingatkan kepada ABK ketika saat pelayaran selalu memperhatikan keadaan cuaca. Ini penting untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan pada saat kapal sedang berlayar.

“Anggota Dit Polairud juga minta ABK kapal memperhatikan dan mengecek kondisi fisik kapal maupun mesin di dalam kapal, sebelum berlayar dan selalu membawa alat keselamatan seperti life jacket, ring boi dan lainnya,” jelas Handoyo.

BACA JUGA :  Joe Sang Pemuda Pemburu Sampah Plastik di Kota Ambon

Selain itu, anggota juga mengajak dan memberikan dukungan serta motivasi kepada masyarakat nelayan kecil, agar dapat memperkuat UMKM, sebagai tonggak penggerak Pemulihan Ekonomi Nasional pasca pandemi Covid-19. (***)

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.