UKM Radio Pertama, Comadio FISIP Unpatti Tuai Antusiasme Mahasiswa

oleh
oleh
Proses perekrutan anggota baru Comadio FISIP Unpatti Ambon. FOTO : DOK. Yuniar Sakinah Waliulu

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon kini memiliki radio Comadio.

Comadio sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) FISIP Unpatti Ambon pertama yang bergenre broadcasting mendapat banyak perhatian dari khalayak, baik lingkungan eksternal maupun internal kampus.

Comadio Unpatti merupakan cabang organisasi yang baru saja dibuka pada akhir 2022. Dikelola oleh Yuniar Sakinah Waliulu, dosen Ilmu Komunikasi di FISIP Unpatti, comadio mendapat perhatian dari banyak pihak.

Sebagai pengampu mata kuliah yang berkaitan dengan dunia broadcasting, Yuniar memiliki obsesi yang tinggi untuk meningkatkan potensi mahasiswanya lewat menyiar.

Yuniar mengaku cikal bakal berdirinya comadio merupakan sebuah ketidaksengajaan. Ketika ia melakukan rutinitas berolahraga di pagi hari, sembari mendengarkan podcast milik Vincent dan Desta yang membuat suasana hati dan pikiran menjadi lebih tenang. 

Rerekrutan anggota baru comadio

Dosen muda tersebut lalu berpikir mengapa tidak buat saja podcast dengan brand sendiri?. Mulanya saat ia mengampu mata kuliah produksi feature tv dan radio, wanita 31 tahun ini menemukan banyak tone suara unik milik mahasiswanya yang saat itu sedang memenuhi tugas dari mata kuliah feature yakni siaran radio.

“Awalnya tuh iseng aja lagi dengerin podcast Vicent sama Desta, terus kepikiran kenapa nggak buat sendiri aja dengan sumber daya yang ada? toh suaranya anak-anak Ikom nggak usah diragukan, tone nya unik-unik dan punya ciri khas masing-masing,” ungkapnya saat dihubungi, Kamis (16/3/2023).

UKM yang mengutamakan kebutuhan siaran ini juga dapat menjadi salah satu tempat belajar dan bermain bagi para mahasiswa.

Apalagi dunia zaman sekarang menuntut kreativitas dari tiap-tiap pribadi yang mengharuskan mahasiswa berpikir beyond the limit atau memikirkan hal-hal tidak biasa yang dapat menjadi sebuah pembahasan bernilai tinggi.

BACA JUGA :  Peringati Hari OTDA, Gubernur minta PNS tingkatkan pelayanan

Pengaruh hadirnya comadio telah dibuktikan dengan antusiasme dari para calon pelamar broadcaster baik itu host, editor, audioman, kameramen hingga public relation.

Comadio sendiri rencananya akan membentuk branding mereka sendiri hingga tidak hanya dikenal sebagai UKM melainkan sebuah channel podcast yang dapat menembus kancah nasional dan internasional.

Minat para mahasiswa dalam dunia broadcasting dapat berkembang lebih jauh jika mereka mengikuti UKM yang sesuai dengan passion yang mereka miliki.

Karena itu, comadio menawarkan sejumlah posisi yang dapat dilamar, baik di depan dan di belakang layar tergantung dari minat si pelamar karena setiap mahasiswa memiliki tingkat kreativitas yang berbeda.

“Sejauh ini prospek nya 50:50 untuk comadio, banyak yang melamar di bagian belakang layar, namun tak sedikit juga yang melamar untuk menjadi host atau orang di depan layar. Apalagi broadcasting merupakan bidang prioritas dalam Ilmu Komunikasi, jadi comadio membebaskan mereka untuk mengeksplor posisi yang memang ingin mereka tekuni” ujar Yuniar.

Saat ini comadio diketahui memiliki tiga program tetap yaitu, comadio special, comadio tips, dan comadio weekly.

Rencananya comadio juga akan segera merilis segmen baru dengan judul comadio talk, segmen ini merupakan sesi wawancara bersama para narasumber inspiratif yang dapat menjadi motivasi bagi para pendengar.

Penulis : Tasya Jorin Tupamahu

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.