Ramadhan, Harga Perlengkapan Shalat di Pedagang Musiman Masjid Raya Al Fatah Ambon

oleh
oleh
Pedagang perlengkapan shalat musiman di depan Masjid Raya Al Fatah Ambon, Rabu (22/3/2023).(Antara/DedyAzis)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pedagang perlengkapan shalat musiman mulai berjualan di sekitar Masjid Raya Al-Fatah Ambon, Maluku, memasuki Ramadhan 1444 Hijriah.

“Memang setiap hari selalu begini. pihak masjid tidak melarang, pihak keamanan juga membantu,” kata salah satu pedagang perlengkapan shalat, Rizki di Ambon, Kamis (23/3/2023).

Para pedagang berjualan berbagai macam perlengkapan shalat mulai sajadah, sarung, baju koko, gamis, peci hingga mukena.

Mereka memajang dagangannya menggunakan rak kayu sederhana di bawah tenda berukuran 2×2 meter persegi atau menggunakan mobil bak terbuka yang disulap menjadi tenant dadakan.

Harganya pun variatif tergantung merek, model, dan ukurannya masing-masing. Misalnya saja untuk jubah gamis pria ukuran L dibanderol dengan harga Rp350 ribu per buah.

Sementara untuk setelan baju koko dan celana, paling murah dibanderol dengan harga Rp150 ribu untuk yang biasa sedangkan Rp300 ribu untuk yang bermerek terkenal.

Menurut Rizki, harga-harga tersebut tentunya berbeda dengan ketika di luar bulan suci Ramadhan karena banyaknya peminat.

“Harganya beda, kan kalau bulan Ramadhan ini peminatnya banyak, sementara produksinya terbatas, pemasok stoknya juga terbatas,” katanya.

Sementara itu pedagang lainnya yang menjual peci juga mengatakan hal yang tak jauh berbeda.

Menurut salah satu pedagang, Syehan, ia telah berjualan peci di tenant tersebut selama tiga hari, bahkan sebelum memasuki Ramadan 1444 Hijriah. “Kurang lebih sudah tiga hari sebelum puasa, saya berjualan di tempat ini,” kata dia.

Beruntungnya, lapak yang dipakainya tersebut rupanya tak disewakan oleh pihak masjid, alias gratis selama bulan suci Ramadhan. “Lapak ini gratis, yang penting bawa tenda sendiri, dan izin dari pihak masjid,” ucapnya.

Di lapaknya, ia menjual beraneka ragam jenis peci yang paling sering dicari selama Ramadhan.

BACA JUGA :  Rangkaian Perayaan Peringatan HKN Ke-59 di Poltekkes Kemenkes Maluku Oleh : Betty Anthoineta Sahertian

Ada peci rajut bulat, peci nasional, peci trendi miki hat, hingga peci bulu ala kerajaan Ottoman, di Turki.

Harganya pun bervariasi, mulai dari yang paling murah yakni Rp30 ribu hingga Rp75 ribu per buah.

Pedagang dadakan itu setiap harinya bisa meraup untung paling sedikit Rp500 ribu selama bulan Ramadhan dan mencapai jutaan rupiah sepekan sebelum Idul Fitri.

Oleh : Ode Dedy Lion Abdul Azis/Antara
Editor : Agus Salim

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.