Ramadhan Fair Kanawa, Sarana Berdayakan UMKM dan Kelola Masjid Oleh Milenial

oleh
oleh
Pembina Ramadhan Fair 2023, Ustad Hatta Ingratubun (Antara/DedyAzis)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ramadhan Fair di kawasan BTN Kanawa Indah, Kota Ambon, Provinsi Maluku telah resmi dibuka, Minggu (26/3/2023). Ini dapat menjadi sarana  memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pengelolaan masjid oleh milenial kota itu.

“Sebenarnya ini mimpi yang sudah ada sejak empat tahun lalu. tentang bagaimana menjadikan BTN Kanawa ini sebagai role model dalam pengelolaan masjid oleh milenial. Oleh karenanya acara ini digagas bersama Hijrah Okemain dan Samawa Planner,” ujar Pembina Ramadhan Fair Ustad Hatta Ingratubun di Ambon, Minggu (26/3/2023).

BACA JUGA : Ramadhan Fair Kanawa Pusat Takjil Baru di Kota Ambon

Ustad Hatta mengatakan dengan digelarnya Ramadhan Fair di BTN Kanawa  ini diharapkan bisa mengembalikan semangat warga sekitar untuk turut meramaikan masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah semata namun lebih dari itu dapat membantu roda perekonomian warga sekitar.

Sementara itu warga setempat turut mengapresiasi dan tampak antusias mengikuti rangkaian acara demi acara yang rencananya akan digelar hingga akhir Ramadhan 1444 hijriah itu

“Kami dari warga turut mengapresiasi kegiatan yang digagas anak-anak muda ini, selama saya tinggal disini sudah 22 tahun ini baru kali ini ada acara seperti ini,” ungkap Ketua RT 08 RW 15 BTN Kanawa Indah Ahmad Soleman.

Rangkaian Ramadhan Fair di BTN Kanawa itu diselenggarakan di kawasan Masjid Al-Kautsar perumahan BTN Kanawa Indah Kota Ambon dengan menghadirkan berbagai acara selama sebulan penuh selama bulan suci ramadhan 1444 hijriyah.

Mulai dari kampung Ramadhan yang melibatkan UMKM dan fashion. Selama kegiatan berlangsung akan disediakan tenant-tenant untuk berbuka puasa.

Kemudian kajian ngabuburit yang dimulai pada tanggal 1 dan 2 April sore hari menjelang berbuka puasa yang tentunya akan menghadirkan pendakwah millenial.

BACA JUGA :  Korem 151/Binaiya Terus Gencarkan Sosialisasi Dampak Dan Manfaat Medsos

Lalu ngabuburit asik yang akan dilakukan pada sore hari dan diisi oleh sajian musik secara akustik sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Puncaknya Ramadhan Fair akan ditutup dengan malam i’tikaf selama 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Pihaknya berharap kegiatan yang diselenggarakan itu nantinya dapat memberikan manfaat untuk para pemuda di kota Ambon agar dapat mengisi bulan suci Ramadhan dengan kebaikan.

Acara pembukaan tersebut juga menampilkan sajian musik akustik dari grup band Soulcoustic dengan lantunan lagu-lagu islami.

Berdasarkan pantauan di lokasi sebanyak 20 tenant UMKM pasar ramadhan menggunakan tenda sederhana dipasang berderet sepanjang jalanan masuk menuju masjid Al Kautsar.

Warga pun ramai memenuhi pasar Ramadhan itu untuk berburu menu takjil.

Pewarta : Ode Dedy Lion Abdul Azis/Antara
Editor : Guido Merung

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.