Harga Emas Terus Anjlok, Tembus 600 Ribu/Gram

oleh
oleh
Harga emas anjlok sejumlah toko emas sepi pembeli di Amplaz, Kamis (30/3/2023) Foto : Megi M

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kondisi ekonomi dunia yang melesu mempengaruhi harga sejumlah logam mulia, salah satunya emas. Saat ini harga emas pergramnya mulai anjlok di pasar emas lokal.

Pantauan Terasmaluku.com di sejumlah pelapak dan toko emas di Ambon Plaza dan sejumlah lokasi di Ambon. Rata-rata perdagangan emas melesu harga beli jauh lebih mahal dibanding harga jualnya.

Ahmad salah satu pedagang emas di Kawasan Ambon Plaza Jalan Sam Ratulangi menyebutkan harga emas saat ini mulai anjlok di pasaran lokal.

“Harga jual emas sekarang terbilang murah, segram cuma kena 600 ribu  berbeda dengan harga jual emas tahun lalu. Tahun lalu segram bisa sampai 750 ribu, ” jelasnya,  Kamis (30/03/2023.

Sedangkan harga beli berkisar 700 ribu pergram, harga ini sangat jauh dibandingkan harga beli emas tahun lalu yang segram bisa mencapai 800 ribu pergram, lanjutnya

“Harga emas beli bekas  dan emas beli baru itu juga memiliki perbedaan harga, untuk emas beli bekas  segram 700 ribu sementara harga emas beli baru segram bisa mencapai 850 ribu, ” papar Ahmad.

Anjloknya harga emas ini hanya berselang beberapa hari setelah sang logam mulia terbang tinggi. Emas mengangkasa pada 10-23 Maret 2023. Pada periode tersebut, emas melambung 8,9%.

Alasan anjloknya harga emas yang sangat drastis beberapa hari ini, disebabkan oleh aksi jual investor dalam jumlah yang sangat besar.

Harga emas melambung beberapa pekan lalu di karenakan terjadinya short covering akibat kepanikan pasar, setelah kepanikan pasar mulai mereda sang investor pun mulai menjual kembali emasnya.

Emas adalah aset aman yang akan dicari saat terjadi ketidakpastian ekonomi atau ketegangan geopolitik. Risiko apapun yang bisa menimbulkan guncangan ekonomi akan meningkatkan permintaan akan emas.

BACA JUGA :  Beri Dukungan, Ini Pesan Walikota Untuk Jaswin Sang Putri Indonesia Maluku 2022

Meski begitu emas  masih menjadi safe have incaran investor di tengah meningkatnya kekhwatiran global terhadap ketidakpastian global. Saat ini harga emas dunia  berada di level  1.969,09 rupiah per troy ounces.

Penulis : Megi Melasari

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.