Buka Kongres GAMKI di Ambon, Menpora Ajak Pemuda Berperan Aktif di Pemilu 2024

oleh
oleh
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberikan sambutan saat membuka Kongres ke XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Kristiani Center Kota Ambon, Minggu (14/5/2023). FOTO : TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Memasuki tahun politik, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengajak kaum muda untuk berpartisipasi menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

“Anak muda harus berpartisipasi dalam Pemilu 2024 menjadi pemilih aktif dan menggunakan hak pilih,” katanya saat membuka Kongres ke XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Kristiani Center Kota Ambon, Minggu (14/5/2023).

Menpora Dito mengatakan, saat ini proses pendaftaran calon anggota legislatif partai politik sementara dilaksanakan KPU, hal ini berarti atmosfer dan juga siklus lima tahunan resmi berjalan.

Tahapan ini katanya, menyebabkan dinamika situasi sosial politik budaya, mungkin saja akan memanas atau mungkin mendingin.

Karena itu Menpora Dito mengajak para pemuda untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi proses politik berjalan aman dan lancar.

“Kesempatan ini saya ingin mengajak kawan- kawan muda di GAMKI untuk menjaga dan juga mengajak anak- anak milenial untuk berpartisipasi menggunakan hak pilih dalam pemilu 2024,” katanya.

Kemenpora kata Dito, sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan OKP khususnya OKP keagamaan seperti GAMKI. Pihaknya berkomitmen untuk mendukung seluruh program GAMKI dalam upaya akselerasi pembangunan.

Menpora berharap, GAMKI dapat berperan memberikan sumbangsih serta kontribusi pemikiran bagi bangsa Indonesia.

“Kita sangat memerlukan kolaborasi yang aktif dan dinamis. Oleh karena itu Kongres GAMKI XII diharapkan dapat menghasilkan keputusan organisasi yang mendukung pemerintah khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora),” ujarnya.

Pada pembukaan Kongres GAMKI yang berlangsung pada 14 hingga 18 Mei 2023 ini dihadiri Wakil Gubernur Maluku, Barnabas N. Orno, anggota DPR RI Dapil Maluku, pejabat teras lainnya serta perwakilan Organisasi Kepemudaan (OKP) di Maluku.

Hadir pula, Ketua MPO GAMKI yang juga politisi Partai Demokrat Michael Wattimena. Pada sambutannya Ketua Umum GAMKI Wilem Wandik yang diwakili Ketua Umum GAMKI Stenly Salenusa mengajak peserta kongres dalam mengambil bagian dalam perhelatan besar GAMKI.

BACA JUGA :  Kewang Muda Maluku dan Sejumlah Komunitas Pecinta Lingkungan Tanam 250 Anakan Bakau di Pesisir Poka

Pada kesempatan itu juga GAMKI menetapkan isu stretegis yang perlu di kerjakan dan jalankan oleh GAMKI. Diantaranya memantapkan positioning gereja sebagai pusat gerakan pemersatu umat Selain itu menetapkan peran atau action sebagai role mode modal publik.

“Dan menetapkan pancasila sebagai sumber inspirasi menuju persatuan. Dan tidak ketinggalan yaitu memantapkan komitmen perlindungan terhadap demokrasi kebebasan berpendapat,” jelas Ketum GAMKI.

Kongres GAMKI Ke- 12 untuk memilih Ketua Umum untuk periode 2023-2028. Kongres kali ini dihadiri sekitar 1.000 perseserta perwakilan dari 220 DPC GAMKI kabupaten kota dan 28 DPD GAMKI tingkat provinsi se Indonesia. 

Editor : Hamdi

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.