Hujan Deras Guyur Ambon, Banjir dan Tanah Longsor Terjadi, 3 Unit Rumah Rusak

oleh
bencana banjir di RT/RW 001/002 dan RT/RW 002/002 Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Selasa (30/5/2023). Foto : Pusdalops BPBD Kota Ambon

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Seharian diguyur hujan deras, bencana alam banjir, tanah longsor hingga pohon tumbang timpa rumah terjadi di Kota Ambon, Selasa (30/5/2023).

“Guyuran hujan deras selama beberapa jam sehingga mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor di beberapa titik di Kota Ambon,”ungkap Sekretaris BPBD Kota Ambon, Eva Tuhumury dikonfirmasi Selasa.

Berdasarkan data laporan yang masuk di Pusdalops BPBD Kota Ambon, bencana banjir terjadi di Kampung Siwang, Lorong Tipka RT/RW : 001/006 Kudamati/Farmasi Atas dan di RT/RW : 001/002, RT/RW : 002/002 Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe.

Banjir di lokasi Kampung Siwang. Foto : Pusdalops BPBD Kota Ambon

Banjir rendam 34 unit rumah warga, rinciannya di Kelurahan Waihaong banjir rendami 20 unit rumah, di Siwang 10 unit rumah dan sisanya di Lorong Tipka.

Akibat bencana alam di 3 titik lokasi itu, aktivitas 48 Kepala Keluarga (KK) atau 156 jiwa terganggu.

“Rumah terdampak banjir 34 (unit),”terangnya.

Tanah Longsor

Sementara bencana alam tanah longsor terjadi di 7 titik lokasi disamping juga ada pohon tumbang di 2 titik lokasi di Ambon.

Lokasi terjadinya tanah longsor rinciannya di Negeri Kilang, Gunung Nona Jl. Perumtel RT/RW : 001/007 Kelurahan Benteng, Air Salobar RT/RW : 002/002, Batu Gantung RT/RW : 001/004, Kecamatan Nusaniwe dan di Batu Gajah (Pandan-Pandan) RT/RW : 005/001, Batu Gajah RT/RW : 003/004 dan RT/RW : 004/004 serta SKIP Jembatan Putih RT/RW : 004/002, Kecamatan Sirimau.

Akibat tanah longsor dan pohon tumbang, 3 unit rumah warga rusak.

Bencana tanah longsor berlokasi di RT/RW : 001/007 Jl. Perumtel Gunung Nona. Foto : Pusdalops BPBD Kota Ambon

Yakni 1 unit di Gunung Nona rusak tertimpa talud runtuh, 1 unit rumah tertimpa longsor di Batu Gantung Kelurahan Mangga Dua dan 1 unit rumah warga tertimpa pohon tumbang di Latuhalat Waimahu.

“Longsoran dan tumbangan pohon menimpa rumah warga sehingga mengakibatkan kerusakan pada bagian bangunan,”terangnya.

Sementara rumah warga yang terancam longsor 7 unit.

BACA JUGA :  Cegah Corona, DPRD Minta Pemkot Batalkan Seluruh Event di Ambon

Atas kejadian bencana alam yang terjadi di sejumlah titik lokasi ini, kata Eva memastikan, pihak BPBD Ambon telah melakukan penanganan darurat.

“Telah dilakukan penanganan darurat dan diberikan bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak,”sambungnya.

Begitu juga dengan lokasi rawan bencana, kata Eva sudah dilakukan peninjauan dan pemberian bantuan logistik untuk penanganan daruratnya.

Penulis : Ruzady Adjіѕ

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.