Kebakaran Rumah di Ambon, Perhiasan Emas Ludes, Penghuni Mengungsi

oleh

TERSMALUKU.COM,-AMBON-Rumah milik warga Talake, RT/RW : 001/01 Kelurahan Wainitu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, terbakar Kamis (1/6/2023) malam. Perhiasan emas ludes dilalap di jago merah, penghuni rumah mengungsi.

Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Janete S. Luhukay di Ambon, Jumat (2/6/2023) mengungkapkan, kebakaran ini melanda rumah milik Hasanudin (71).

Kebakaran terjadi Kamis malam sekitar pukul 21.35 WIT. Kobaran api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.50 WIT.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materil ditaksir mencapai Rp. 60.000.000 akibat dari terbakarnya lantai 3 bangunan rumah, disamping juga perhiasan emas seberat 60 gram ludes terbakar serta barang elektronik.

“Akibat kejadian tersebut mengakibatkan ruangan Lantai 3 rumah terbakar habis, barang-barang elektronik dan perhiasan emas milik anak korban seberat 60 gram terbakar habis,”ungkapnya.

Sementara penghuni rumah berjumlah 8 orang diungsikan. “Para korban rumah kebakaran bersama keluarga yang berjumlah 8 orang diungsikan di Mesjid At-Taubah, Waihaong,”sambungnya.

Kronologis

Berdasarkan penuturan Hasanudin, pemilik rumah, awalnya ia sedang berbaring di kamar lantai 2. Namun dikejutkan dengan adanya nyala api.

Kaget dan panik melihat nyala api tersebut, Hasanudin bergegas amankan barang berharga miliknya dan kemudian selamatkan diri keluar rumah dan mencari pertolongan.

Sementara menurut keterangan istri Hasanudin, Salma Arafah (63), saat dirinya sedang duduk bersama kedua cucunya, ia dikejutkan dengan suara ribut warga yang berteriak kebakaran.

Ketika ditengok, ternyata api berasal dari lantai 3 bangunan yang mereka huni. Salma lantas memanggial suaminya dan menarik kedua cucunya keluar rumah menyelamatkan diri dan meminta bantuan warga bantu padamkan api.

Hanya saja, karena lantai 3 bangunan rumah ini terbuat dari papan kayu, sehingga api cepat menyebar ke seisi lantai 3. “Bagian dasar ruangan Lantai 3 rumah milik korban dapat dengan cepat terbakar, karena terbuat dari materiil papan,”jelasnya.

BACA JUGA :  Kasus COVID-19 di Maluku Bertambah 65 Menjadi 452 Orang, Ini Rinciannya

Warga yang melihat rumah ini terbakar langsung bahu membahu lakukan pemadaman api secara manual disusul tibanya 5 unit Mobil Damkar pukul 21.45 WIT bantu padamkan api. “Pukul 21.50 WIT, nyala api berhasil dipadamkan,”tuturnya.

Kuat dugaan, kebakaran dipicu korsleting arus listrik.

Penulis : Ruzady Adjіѕ

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.