Pemuda Perlu Terlibat Politik Dan Ekonomi Kreatif

by
FOTO : ISTIMEWA

Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Daerah Pulau Ambon melaksanakan Pendidikan Kader Jenjang Menengah (PKJM) selama tiga hari di gedung Gereja Syalom Jemaat GPM Waemahu Klasis Pulau Ambon (8-10 September 2023). Kegiatan ini dihadiri 85 peserta dari 18 cabang 105 ranting di Pulau Ambon. Seperti disebutkan oleh Sekretaris Daerah AMGPM Pulau Ambon, Ronald Hukubun, kegiatan ini merupakan upaya strategis untuk meningkatkan kapasitas pemuda gereja di tengah perubahan zaman. Menurutnya di era revolusi 5.0 ini pemuda gereja pada khususnya dan pemuda pada umumnya perlu terus mengembangkan kualitas dirinya dalam berbagai bidang, termasuk bidang politik dan ekonomi.

Di hari kedua kegiatan diisi dengan penyajian materi dari tiga narasumber masing-masing, Pendeta Rinto Muskita, Sekretaris Klasis GPM Pulau Ambon yang membawakan materi tentang wawasan gereja dan peran pemuda serta Bung Jemy Talakua menyajika materi tentang Analisis Sosial. Wakil Sekretaris Umum MPH Sinode GPM, Pdt Rudy Rahabeat menyajikan materi tentang Iman Kristen dalam konteks Politik, Ekonomi, dan Sosial Budaya.

Pada sesi ini ada 28 peserta yang mengajukan pertanyaan dan tanggapan. Imanuel Tomasila dari Cabang Elim menyebutkan bahwa pemuda mesti terlibat dalam kegiatan ekonomi kreatif. Pemuda punya aneka potensi. Olehnya dapat membangun kerjasama dengan pemerintah, semisal Kementrian Ekonomi Kreatif yang juga mensupport kegiatan-kegiatan pemuda.

Jono, Ketua AMGPM Cabang Nehemia menyebutkan bahwa pemuda mesti berperan dalam bidang politik. Politik bukan dunia yang tabu. Menurutnya menyongsong tahun politik 2024 pemuda gereja mesti mendorong kader-kadernya untuk berproses dalam pemilihan anggota legislatif dan pastikan bahwa kader-kadernya dapat berhasil demi memperjuagkan aspirasi rakyat.

Rekannya, Max dari Cabang Nehemia mencontohkan sosok Bung Melkianus Sairdekut yang adalah Ketua Umum Pengurus Besar Angkatan Muda, yang saat ini menduduki posisi Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku. Peserta lainnya yakni Leonora Hahua dari Cabang Imanuel OSM menceritakan kegiatan yang belum lama ini diikutinya di Thailand pada iven kegiatan pemuda internasional. Di sana ia mempresentasikan materi tentang aktivitas pemuda Maluku dalam merawat lingkungan hidup. Hal ini sekaligus menegaskan bahwa pemuda bukan hanya berkiprah pada aras lokal, tetapi mesti terlibat aktif di panggung nasional dan global.

BACA JUGA :  Bersih Pelabuhan, Dukungan Pemda TNI Dan Polri Bagi Buruh di MTB

Sehari sebelumnya, Ketua Sinode GPM Pdt Elifas Maspaitella menyajikan materi tentang dinamika dan resolusi konflik. Selanjutnya Pdt Devy Ningkeula menyajikan materi tentang problem solving dan PB AMGPM mengantarkan materi tentang Etika Kepemimpinan.

Untuk diketahui kegiatan PKJM ini kemarin dibuka oleh Penjabat Walikota Ambon Drs Bodewin Wattimena dan didampingi Ketua Klasis GPM Pulau Ambon Pdt Riko Rikumahu, beserta Ruddy Rehatta selaku ketua AMGPM Pulau Ambon serta pengurus daerah lainnya (RR)

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.