Bangunan Rumah Tempat Usaha di Jalan Rijali Ambon Terbakar

oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebuah bangunan rumah yang dijadikan tempat usaha di JL. Rijali, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon terbakar, Senin (9/10/2023).

Pada bangunan tempat usaha milik Marsekal Supusepa (21) ini, terdapat sejumlah usaha yakni Natalia Marcekal Desty atau NMD, barber shop (pangkas rambut), warung makan, depot air minum dan fotocopy.

Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Janete S. Luhukay memastikan, tak ada korban jiwa akibat peristiwa kebakaran yang terjadi Senin pagi sekitar pukul 07.00 WIT ini.

Namun kerugian materil yang diderita ditaksir capai ratusan juta rupiah akibat bangunan serta sejumlah peralatan elektronik dengan rincian 2 unit mesin fotocopy, 1 unit mesin depot air, 1 unit Frezer, 2 unit kulkas serta peralatan barber shop hangus terbakar.

PS Kasi Humas Polresta Ambon Ipda Janete S. Luhukay

“Kerugian materil dari peristiwa kebakaran tersebut diperkirakan ratusan juta rupiah,”terangnya.

Berdasarkan keterangan saksi Corneles Maitimu (27), karyawan di tempat usaha tersebut, awalnya ia sedang tidur. Namun sekitar pukul 06.00 WIT terkaget bangun karena mencium bau asap yang akibatkan saksi sulit bernafas.

Saksi sempat mengecek ke dapur, namun tak melihat api dan kemudian saksi pergi.

“Saksi kaget bangun, karna merasa ada uap asap, sehingga saksi sulit bernafas pada saat tersebut saksi langsung menuju kearah dapur untuk melihat asap api, namun asap api tidak terlihat oleh saksi, sehingga saksi langsung pulang,”jelas Ipda Janete mengutip keterangan saksi.

Saksi Corneles hubungi majikannya, Marsekal Supusepa laporkan hal ini. “Saksi (Marsekal Supusepa) dihubungi oleh salah satu orang kerjanya, Corneles Maitimu dan menyampaikan bahwa tempat usahanya telah terbakar,”sambung Ipda Janete.

Sementara saksi Hendra Hendriksz (42), mengetahui adanya kebakaran di bangunan tempat usaha yang terletak di depan rumahnya itu setelah diberitahu istrinya. Saat itu saksi hendak mandi untuk pergi kerja di kantor.

BACA JUGA :  Para Pemimpin Internasional dan LSM HAM Protes Korsel Hentikan Penindasan Agama Minoritas Untuk COVID-19

Pasca diberitahukan istrinya, saksi langsung bergegas amankan barang berharga di dalam rumah mereka.

Tak berapa lama kemudian, Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon tiba di lokasi kejadian.

Ada 4 Unit Damkar yang dikerahkan ke lokasi kejadian langsung memadamkan amukan si jago merah. Damkar di bantu warga setempat.

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 08.15 WIT,”terangnya.

Saat kebakaran terjadi, aliran listrik di sekitar kawasan tersebut padam.

Dan Setelah kobaran api dipadamkan, petugas PLN Rayon Kota Ambon tiba di TKP dan memperbaiki aliran kabel listrik pada gardu.

Belum diketahui pemicu kebakaran. “Penyebab kebakaran belum dapat dipastikan,”tandasnya.

Penulis : Ruzady Adjis

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.