Penertiban PETI di Gunung Botak, Ratusan Penambang Ilegal Diusir, Lubang Galian, Tenda hingga Bak Rendaman Dimusnahkan

oleh
Penertiban aktivitas PETI di Gunung Botak, Kabupaten Buru, Senin (9/10/2023). Foto : Polres Pulau Buru

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Aparat gabungan kembali lakukan penertiban di kawasan pertambangan emas tanpa izin (PETI) Gunung Botak, Kabupaten Buru, Senin (9/10/2023). Ratusan penambang ilegal diusir, lubang galian, tenda hingga bak rendaman dimusnahkan.

Lokasi-lokasi fokus penertiban dalam Operasi PETI Salawaku 2023 Tahap II Polres Pulau Buru ini yakni di kawasan Sungai Anahoni, Wasboli, Pagar Seng, Kolam Janda, Gunung Batu dan Tanah Merah.

Penertiban melalui Operasi PETI Salawaku 2023 Tahap II Polres Pulau Buru ini melibatkan 258 personel gabungan dari Polres Pulau Buru, Yon A Pelopor Sat Brimob Namlea, Kodim 1506 Namlea, Sub Den Pom Namlea maupun Satpol PP yang dibagi dalam 12 tim.

Kasi Subsi Penmas Polres Pulau Buru, Aipda M.Y.S Jamaludin

“Senin telah dilaksanakan Operasi PETI Salawaku 2023 Tahap II Polres Pulau Buru, dalam rangka penertiban di seputaran Gunung Botak Kecamatan Waelata dan Sungai Anahoni serta sekitar lokasi Wasboli Kecamatan Teluk Kaiyeli, Kabupaten Buru,”ungkap Kasi Subsi Penmas Polres Pulau Buru, Aipda M.Y.S Jamaludin dikonfirmasi Selasa (10/10/2023) dari Ambon via seluler.

115 lubang galian milik para penambang ilegal dirusaki dengan cara dibakar, begitu juga 1.200 tenda, ikut dimusnahkan dengan cara dibakar dan dibongkar.

Tak hanya itu saja, 600 bak rendaman di 6 lokasi yakni Gunung Kapur, Tanah Merah, Pagar Seng, Lubang janda, Gunung Batu, Anahoni dan, Wasboli juga dihancurkan.

“Personel melakukan pembersihan membongkar tenda tempat tinggal ataupun tenda warung yang masih ada, membongkar bak rendaman dengan menggunakan alat manual,”bebernya.

Dalam penertiban kali ini, sekitar 500 orang penambang ilegal juga diusir dari lokasi PETI. “Telah diturunkan 500 penambang ilegal dilokasi PETI tambang emas gunung botak,”jelasnya.

Selama proses penertiban, tidak ada perlawanan dari penambang atau pun masyarakat.

BACA JUGA :  PLN Ganti Dan Perbaiki Barang Elektronik Warga Elat Yang Rusak

“Mengarahkan masyarakat untuk tidak lagi melakukan aktifitas penambangan emas tanpa izin baik yang menggunakan bahan kimia ataupun penambangan emas manual,”sambungnya.

Penertiban untuk menghentikan adanya aktifitas penambangan emas ilegal di lokasi PETI Tambang emas Gunung Botak sekaligus untuk mengantisipasi penggunaan bahan kimia berbahaya. Terlebih lagi tambang Gunung Botak secara hukum belum legal.

Apalagi aktifitas penambangan emas di lokasi PETI dilakukan oleh masyarakat secara ilegal dan dampak keberadaan tambang telah menarik masyarakat luar Kabupaten Buru untuk bergabung melakukan aktifitas penambangan secara ilegal.

“Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan potensi konflik dan potensi terjadinya gangguan Kamtibmas,”tandasnya.

Penulis : Ruzady Adjis

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.