Empat Figur Yang Daftarkan Diri Jadi Penjabat Gubernur Maluku

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,- AMBON– Panitia Penjaringan (Panja) Calon Penjabat Gubernur Maluku dari DPRD Provinsi Maluku, memperpanjang proses pendaftaran hingga Sabtu (25/11/2023).

Ketua Panja DPRD Maluku, Jantje Wenno, kepada wartawan pada Rabu malam (22/11/2023), mengatakan, tercatat sebanyak 4 orang sudah memasukan berkas pendaftaran sejak dibuka pada Senin (20/11/2023).

“Yang pertama rektor Unpatti Prof. Dr. M.J Sapteno, yang kedua Prof. Dr. Zainal Rahwarin Rektor IAIN, yang ketiga Mayor Jenderal Dominggus Pakel, dan yang keempat Dra. Olivia Latuconsina,” kata Wenno di Sekretariat Panja, Kantor DPRD Maluku, Kota Ambon.

Pendaftaran penjaringan sedianya ditutup pada Rabu kemarin, namun diperpanjang hingga Sabtu, dua hari lagi. Perpanjangan dilakukan setelah DPRD Provinsi Maluku menerima surat dari Menteri Dalam Negeri RI.

“Awalnya itu DPRD membuka pendaftaran untuk tiga hari karena perkiraan kita waktu kerja kita sampai dengan tanggal 30 (November), itu usulan DPRD sudah ada di meja Menteri Dalam Negeri. Tapi ternyata berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri tadi diberikan lagi toleransi waktu atau perpanjangan waktu kepada DPRD sampai dengan tanggal 6 Desember tahun 2023,” katanya.

“Atas dasar itulah setelah Panja melakukan rapat dengan pimpinan DPRD, disimpulkan kalau proses pendaftaran atau penjaringan calon penjabat Gubernur Maluku harus diperpanjang,” pungkasnya.

4 orang calon Penjabat Gubernur Maluku yang telah mendaftar di Panja DPRD Provinsi Maluku sejak dibuka pada Senin – Rabu (20-22/11/2023) diantaranya :

1. PROF. DR. M.J. SAPTENNO, SH., M.HUM.

Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon ini merupakan orang pertama yang mendaftar sebagai calon Penjabat Gubernur Maluku pada Rabu (22/11/2023).

Marthinus Johanes Saptenno, menjabat sebagai Rektor Unpatti Ambon selama 2 periode sejak tahun 2016-2020 dan 2020-2024. Jabatan yang diembannya ini rencananya akan diserahkan kepada Rektor Unpatti terpilih Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd pada akhir Desember 2023.

BACA JUGA :  Kenali Kanker Otak yang Diderita Agung Hercules Serta Pengobatannya

2. MAYJEN TNI DOMINGGUS PAKEL

Setelah Rektor Unpatti, Dominggus Pakel, Jenderal Bintang 2 TNI Angkatan Darat ini merupakan orang kedua yang mendaftar sebagai calon penjabat Gubernur Maluku.

Dominggus merupakan putra asli Maluku yang berasal dari Negeri Sila, Kecamatan Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah. Ia saat ini menjabat sebagai Deputi Operasi Keamanan Siber dan Sandi Badan Siber dan Sandi Negara RI.

3. PROF. DR. ZAINAL ABIDIN RAHAWARIN, M.SI

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon sejak November 2020 ini merupakan orang ketiga yang memasukan berkas pendaftaran calon Penjabat Gubernur kepada Panja DPRD Maluku.

Zainal yang juga merupakan Ketua Tanfidziyah PB NU ini mendatangi DPRD Maluku sambil didampingi sejumlah stafnya. Salah satunya Warek II Dr. Ismail Tuanany.

4. DRA OLIVIA LATUCONSINA, MP

Sebagai orang terakhir dan selaku perwakilan perempuan, Olivia Latuconsina, pun tak ketinggalan mengajukan diri sebagai calon Penjabat Gubernur Maluku.

Wakil Ketua Komnas Perempuan RI ini memasukan berkas pendaftaran pada Rabu sore (22/11/2023).

Kepada wartawan, mantan Wakil Wali Kota Ambon itu berharap DPRD dapat melihat bahwa kepemimpinan perempuan juga harus diberikan ruang.

Penulis: Husen Toisuta

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.