DPRD Kantongi Tiga Nama Calon PJ Gubernur Maluku

oleh
Proses voting tiga nama calon penjabat (Pj) Gubernur Maluku 2024 dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Maluku, Rabu (29/11/2023). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-DPRD Provinsi Maluku akhirnya tetapkan tiga nama calon Penjabat Gubernur Maluku Rabu sore (29/11/2023).

Tiga nama calon itu terpilih dari lima nama pendaftar yang mendaftar ke panitia penjaringan (panja) calon penjabat gubernur.

Tiga ususlan nama itu bakal disetor ke Menteri Dalam Negeri paling lambat pada 6 Desember 2023.

Sesuai target, penetapan tiga nama usulan itu dikerjakan dengan batas 30 November. Hasil tiga nama calon itu diperoleh melalui rapat paripurna pada Rabu pukul 14.00 WIT hingga berakhir sekitar pukul 17.00 WIT.

Tiga usulan nama calon Pj Gubernur tersebut antara lain Prof. DR. Zainal Abidin Rahawarin, Mayor Jenderal TNI Dominggus Pakel dan yang ketiga adalah Drs H Jufri Rahman.

“Kami percaya ketiga nama ini adalah figur-figur terbaik yang akan diusulkan ke Mendagri paling lambat tanggal 6 Desember 2023,” sebut Ketua DPRD Provinsi Maluku, Benhur G Watubun yang memimpin rapat paripurna.

Proses penetapan tiga nama usulan dilakukan memakai sistem voting atau pemungutan suara oleh anggota DPRD Maluku.

Mereka yang totalnya ada 45 orang yang masing-masing dapat memilih tiga nama dari lima nama pendaftar.

“Jadi DPRD dapat mengusulkan 1, 2 atau 3 nama namun Mendagri wajib mengusulkan 3 nama calon Pj Gubernur Maluku,” pungkasnya.

Adapun, saksi-saksi yang menyaksikan pemilihan ini juga diambil dari kalangan Anggota DPRD Maluku sendiri yakni dari Fraksi PPP, Rovik Akbar Afifudin, Fraksi PDIP, Tina Tetelepta, dan dari Fraksi PKS, Turaya Samal.

Dikatakan, pengusulan nama-nama calon Penjabat Gubernur Maluku oleh DPRD Provinsi Maluku ini sudah tepat dan sesuai dengan Permendagri No 4 Tahun 2023.

Penulis : Editor

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

BACA JUGA :  Rovik Sebut Ada Yang Halangi Dirinya Maju di Pileg, Ini Tanggapan Syarif Hadler