Bawaslu Maluku Minta KPU Tambah CCTV dan Lampu Di Gudang Logistik Malteng

oleh
Gudang logistik Maluku Tengah dinilai kurang kamera pengawasan dan lampu sebagai tempat surat suara yang tiab pada Senin (4/12) dini hari. Sumber: Bawaslu Maluku

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gudang logistik KPU Maluku Tengah (Malteng) kurang kamera CCTV dan penerangan.

Karena itu, Bawaslu Maluku meminta penambahan kamera dan lampu untuk memastikan barang-barang kebutuhan pemungutan suara aman.

Komisioner Bawaslu Maluku Stevin Melay yang memimpin pengangkutan dan pengawalan surat suara ke Malteng sarankan perketat pengawasan gudang.

“Kami awasi dan kawal jalannya pembongkaran sampai masuk gudang logistik. Ada saran untuk KPU kabupaten untuk menambah lampu dan CCTV di gudang. Supaya berikan keyakinan bahwa gudang terpantau dengan baik,” kata Melay, Senin (4/12/2023).

Selain suart suara dan komponen-komponen lain yang ada, tempat penyimpanan logistik Pemilu 2024 pun perlu dipastikan kemanannya.

Dari pantauan Melay dan tim di lapangan, gudang logistik Malteng masih kurang pengamanan secara teknis.

Saat ini gudang yang berada di Batas Kota Ambon, Jalan Christina Martha Tiahahu, Kelurahan Namasina, Kecamatan Kota Masohi Kabupaten Malteng hanya punya dua kamera CCTV dan beberapa buah lampu.

Selain surat suara, sudah ada tinta, kotak suara, paku, stiker dan item-item lain datang pada tahap pertama pengiriman logistik pemilu.

Untuk pengamana sebuah gudang, jumlah itu tergolong masih sedikit. Bahkan Bawaslu menilai kondisi itu belum memberikan keyakinan rasa aman.

“Lampu ada tapi kurang terang. CCTV hanya dua. Satu di dalam dan satu lagi di luar. Saran ke KPU tambah dua lagi untuk berikan keyakinan bahwa gudang terpantau secara baik, ” saran Melay.

Selain di Maluku Tengah, tiga kabupaten lain SBB, Buru dan Buru Selatan terpantau aman. CCTV di gudang SBB ada empat kamera, gudang layak, pengamanan melibatkan kepolisian serta pengamanan KPU dan Bawaslu. Jumlah  logistik yang diterima sama dengan yang dikirim. Hanya gudang di Malteng yang butuh penambahan kamera dan penerangan.

BACA JUGA :  Bagaimana Dengan Warga Yang Belum Miliki E-KTP, Apakah Bisa Ikut Memilih, Ini Jawaban KPU Maluku

Pada Senin (4/12/2023) dini hari sekitar pukul 01.20 WIT, 6 truk berisi 1.913 koli surat suara yang diangkut dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon tiba di Malteng.

Truk berisi surat suara itu merupakan tahap kedua kedatangan komponen pemungutan suara Pemilu 2024. Bawaslu memastikan semua barang dan kebutuhan dapat tersimpan dengan aman hingga hari pemungutan suara.

Penulis : Redaksi

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.