Selebgram, Polisi, Guru, Hingga Musisi Ikuti Ujian Semester di UT Ambon

oleh
oleh
Ridho Hafiedz (gitaris Slank) saat mengikuti ujian Remote Proctoring.

TERASMALUKU.COM,- AMBON– Di Provinsi Maluku mungkin hanya Universitas Terbuka (UT) Ambon sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki mahasiswa dari beragam profesi. Konsep Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh yang diemban UT memungkinkan anak bangsa dari berbagai kalangan usia dan beragam profesi bisa fleksibel mengenyam bangku perkuliahan tanpa kendala waktu dan jarak. Sebut saja Selebgram Maluku Indah Paisz hingga musisi kelahiran Maluku yaitu Ridho Hafiedz (gitaris grup musik legendaris Slank). Termasuk juga Direktur Reskrimum Polda Maluku Kombes Andry Iskandar SIK, M.Si yang saat ini menempuh studi Doktor di UT Ambon.

Menurut Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori, ribuan mahasiswa UT Ambon yang tersebar di Provinsi Maluku termasuk yang saat ini berdomisili di luar Maluku, akan mengikuti Ujian Akhir Semester sejak tanggal 9 Desember 2023 nanti. Mereka terdiri dari mahasiswa Program Diploma, Sarjana, Magister, dan Program Doktor.

“Kami sangat mengapresiasi setinggi-tingginya bagi masyarakat dari beragam profesi yang saat ini sedang menempuh studi di UT Ambon. Termasuk juga para mahasiswa kami dari kalangan fresh graduates SLTA yang memutuskan langsung berkuliah di UT sembari mencari pekerjaan. Artinya, mahasiswa UT Ambon saat ini tidak hanya mereka yang sudah bekerja tetapi juga mereka yang belum bekerja. Ini sekaligus menepis anggapan bahwa mahasiswa UT hanyalah orang yang sudah bekerja,” papar Yuli.

Ditambahkan Yuli, adanya Selebgram, musisi, ASN, hingga Perwira Polisi yang berkuliah di UT menunjukkan bahwa UT bukanlah perguruan tinggi kaleng-kaleng.

Kualitas akademik selalu dijaga UT dengan berbagai standar layanan yang sudah ditetapkan. Termasuk juga kualitas penyelenggaran ujian yang dilaksanakan secara nasional tidak hanya di Maluku.

BACA JUGA :  DPRD Maluku Mediasi Pemulasaran Jenazah Covid-19 Antara Pemprov Dan Pemkot

Dijelaskan lebih lanjut oleh pria berkacamata ini, ada beberapa jenis ujian semester di UT yaitu ujian tatap muka, ujian online, take home exam, dan ujian remote proctoring.

BACA JUGA: Peduli Daerah 3T, UT Ambon Garap Aparatur Desa di SBB

“Khusus jenis ujian remote proctoring merupakan salah satu bukti fleksibilitas UT. Mahasiswa bisa ujian dari manapun baik dari rumah, kantor, di puncak gunung, di tengah lautan, di tengah hutan sekalipun yang penting ada jaringan internet. Petugas kami akan melakukan pengawasan secara virtual. Bahkan jika Planet Mars sudah bisa dihuni manusia dan ada mahasiswa UT di sana, akan tetap kami layani asalkan ada jaringan internet untuk ujian remote proctoring,” kata Yuli setengah berseloroh.

Untuk informasi tambahan, saat ini UT Ambon telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program Sarjana dan Diploma Semester 2023/2024 Genap hingga tanggal 20 Februari 2024 untuk jalur umum (lulusan SLTA Sederajat termasuk berijazah Paket C). Sedangkan untuk jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) atau yang biasa dikenal dengan istilah Alih Kredit, proses Admisi dibuka hingga 31 Januari 2024.

Terdapat puluhan Program Studi di berbagai fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Info lebih lanjut terkait Program Studi di UT Ambon bisa disimak di laman ambon.ut.ac.id sedangkan pendaftaran bagi calon mahasiswa bisa secara online melalui laman admisi-sia.ut.ac.id, juga bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon di Jl. Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan. Baguala Kota Ambon, ataupun melalui Pengurus Kelompok Belajar yang tersebar di 11 kabupaten/kota se-Maluku. (***)

BACA JUGA :  675 Rumah Dibangun Pemerintah di SBB

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.