Agar Tak Kehilangan Hak Pilih, Bawaslu Maluku Imbau Mahasiswa Luar Daerah Urus Pindah Domisili

oleh
oleh
Ketua Bawaslu Maluku, Subair, di Ruang Kerjanya, Ambon, Selasa (7/2/2023). (ANTARA/Winda Herman)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku mengimbau mahasiswa  di Ambon yang berasal dari luar daerah mengurus pindah domisili agar tidak kehilangan hak sebagai pemilih pada Pemilu 2024.

“Kita tahu bahwa kebanyakan pemilih mahasiswa di kampus terutama di Ambon  berdasarkan kartu tanda penduduk (KTP) berasal dari luar daerah,” kata Ketua Bawaslu Maluku Subair, Jumat (8/12/2023).

Hal ini terkonfirmasi saat Bawaslu  melaksanakan  sejumlah kegiatan di kampus, dan kebanyakan mahasiswa itu beralamat di luar kota.

“Pertanyaannya adalah apakah mereka akan kembali ke daerahnya pada hari  pencoblosan, karena mereka domisili tidak di sini. Kan belum tentu,” ujarnya.

Sehingga, pihaknya gencar menyampaikan sosialisasi terkait dengan pengurusan pindah domisili agar mereka tetap bisa melaksanakan dan menyalurkan hak pilihnya meskipun tidak pulang ke  daerah asalnya.

“Kita sudah melakukan sosialisasi di beberapa kampus di Kota Ambon, nanti akan kita lanjutkan ke kampus-kampus kabupaten lainnya,” katanya.

Subair berharap, mudah-mudahan dengan sosialisasi yang dilakukan, mahasiswa dari luar daerah segera mengurus pindah domisili untuk ikut berpartisipasi dalam pemilu.

“Dan mudah-mudahan dengan sosialisasi ini terutama  pemilih pemula yang dekat dengan media sosial, kesadaran yang kita tumbuhkan itu bisa mereka sebarkan ke komunitas,” harap Subair.

Pewarta : Winda Herman
Editor : Ikhwan Wahyudi

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

BACA JUGA :  Lanud Pattimura Semprot Cairan Disinfektan Ke Penumpang Pesawat TNI AU

No More Posts Available.

No more pages to load.