Awasi Pelanggaran Pemilu Bawaslu Maluku Bentuk Tiga Pokja Pengaduan

oleh
oleh
Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Subair, Senin (11/12/2023). (Foto: Terasmaluku.com)

TERASMALUKU.COM,- AMBON– Untuk mengawasi pelanggaran Pemilu, Bawaslu Provinsi Maluku bentuk tiga Kelompok Kerja (Pokja). Yaitu kampanye, netralitas ASN, TNI dan Polri, serta isu-isu negatif seperti ujaran kebencian, hoaks dan sebagainya.

Demikian disampaikan Ketua Bawaslu Maluku, Subair, usai deklarasi pengawasan partisipatif Organisasi Masyarakat (Ormas), Organisasi Kepemudaan (OKP), dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) pada Pemilu 2024 yang dihelat di kota Ambon, Senin (11/12/2023).

“Dari Pokja tersebut kemudian dibentuk posko-posko pengaduan pelaporan dugaan keterlibatan ASN, TNI, Polri, kemudian ada posko pengaduan isu-isu negatif yang nanti meliputi penyebaran informasi hoaks di media sosial, ujaran kebencian dan sebagainya,” jelasnya.

BACA JUGA: Tabrak Jembatan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, KM Sirimau Bocor

Tiga pokja yang dibentuk diharapkan dapat bergerak melakukan pengawasan Pemilu. Sehingga bila ditemukan pelanggaran Pemilu dapat dilaporkan melalui posko-posko pengaduan yang ada.

“Laporan apapun ke Bawaslu itu pasti ditindaklanjuti karena kalau tidak maka sangsinya adalah DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu),” ungkapnya.

Menurutnya, ada dua kategori pelaporan pelanggaran Pemilu ke Bawaslu. Pertama yaitu pelaporan lengkap yang meliputi syarat materil formil. Kedua, laporan yang bersifat informasi awal. Artinya, ada locus kejadian, pelaku, dan regulasi pelanggaran. “Dan itu sudah cukup bagi kami untuk melakukan penelusuran. Jadi laporan ke Bawaslu itu tidak harus lengkap, bisa video saja misalnya, nanti akan kami telusuri, bisa hanya berita-berita di media kemudian kita telusuri, tapi tentu saja semakin lengkap semakin bagus agar prosesnya lebih cepat,” jelasnya.

Penulis: Husen Toisuta

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

BACA JUGA :  Didukung Rakyat Maluku, Jurnalis Ini Daftar Calon DPD RI di KPU

No More Posts Available.

No more pages to load.