Jelang Natal, Pemprov Maluku Salurkan 1.765 Paket Sembako Gratis Untuk Warga

oleh
oleh
Pembagian 1.765 paket sembako kepada masyarakat Kota Ambon oleh Pemprov Maluku menjelang Natal 2023. (ANTARA/HO-Pemprov Maluku)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menyalurkan sebanyak 1.765 paket sembako gratis kepada masyarakat yang membutuhkan menjelang Natal 2023 di Kota Ambon.

“Sebanyak 1.765 paket sembako gratis untuk masyarakat kurang mampu atau prasejahtera ini agar mereka dapat memperoleh kebutuhan pokok menghadapi Natal dan tahun baru,” ucap Gubernur Maluku Murad Ismail di Ambon, Selasa (19/12/2023) seperti dikutip dari Antara.

Pembagian ribuan paket sembako tersebut berdasarkan Surat Edaran Gubernur Maluku Nomor 500.1/2959/2023 tanggal 27 November 2023 tentang Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru 2023-2024.

Gubernur Murad menyampaikan kegiatan itu merupakan bentuk komitmen dan kepedulian Pemerintah Provinsi Maluku dalam  meringankan beban masyarakat, khususnya prasejahtera menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 1 Januari 2024, berupa pembagian paket sembako. Program itu juga dilaksanakan  saat menyambut Ramadhan.

“Sebagai wujud pengendalian inflasi di daerah ini, saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak mulai dari Perbankan, BUMN, Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Maluku, Distributor, stakeholder dan pelaku usaha lainnya yang telah berpartisipasi dalam bentuk paket sembako tali kasih,” katanya.

Murad menjelaskan Inflasi tahunan Maluku year on year, pada November 2023 sebesar 2,69 persen lebih rendah dari inflasi Oktober yang mencapai 3,62 persen

“Turunnya angka inflasi ini sebagai upaya dari semua pihak melalui TPID dengan terus melaksanakan gelar pangan murah dan paket sembako murah secara mobile sebagai langkah dalam melaksanakan strategi 4K, yakni  ketersediaan barang kebutuhan pokok dalam keadaan aman dan cukup sampai 3 bulan ke depan,” tuturnya.

Pihaknya juga telah melakukan sejumlah program keterjangkauan harga bahan kebutuhan pokok terutama bagi masyarakat yang akan merayakan Natal dan tahun Baru dengan meningkatkan kelancaran distribusi dengan menyediakan lintas armada darat, laut dan udara terutama angkutan peti kemas.

BACA JUGA :  Ini Alasan Pergantian Bahan Bakar Premium Bagi Sopir Angkot

“Komunikasi efektif dengan seluruh pemangku kepentingan termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat serta insan pers untuk terus membangun ekspektasi positif menjelang HBKN 2023 dan 2024,” kata dia.

Selain itu dalam rangka pengendalian inflasi, Gubernur Murad juga menjelaskan Pemerintah Provinsi juga menggelar Gerakan Pangan Murah di 30 titik pada Kabupaten Buru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Seram Bagian Timur, Seram Bagian Barat, dan Maluku Tengah, serta Kota Ambon yang telah dimulai dari bulan Oktober 2023 sampai dengan 27 Desember 2023.

Sementara itu Kepala Biro Perekonomian Setda Maluku Onesimus Soumeru saat menyampaikan laporannya, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akses keterjangkauan masyarakat terhadap bahan kebutuhan pokok, serta meningkatkan daya beli masyarakat.

Dijelaskan, 1.765 paket yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat kurang mampu  merupakan bantuan dan sumbangan dari swasta, perbankan, BUMN, BUMD, dan perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, yang terdiri dari, beras premium tiga Kg, gula pasir dua Kg, minyak goreng dua liter, tepung terigu dua Kg, teh celup satu dos, dengan total harga per paketnya Rp160.000.

Hadir juga pada kesempatan itu Wakil Gubernur Maluku, Forkopimda Provinsi Maluku, Sekretaris Daerah Maluku, Ketua TGUPP Provinsi Maluku, Pimpinan OPD Pemerintah Provinsi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia, tokoh agama, perwakilan BUMN, BUMD, TPID Maluku dan kabupaten kota, pelaku usaha, dan unsur lainnya.*

Pewarta : Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor : Erafzon Saptiyulda AS

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.