Surat Gugatan Calon Anggota KPU Maluku Diterima KPU RI

oleh
oleh
Peserta calon anggota KPU Maluku jalani tes. (Foto: Istimewa)

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Surat gugatan calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, akhirnya diterima pihak Humas KPU RI. Penerimaan ditandai dengan penyerahan tanda terima surat yang diserahkan kepada pihak yang mengantar surat ke Kantor KPU RI Jalan Imam Bonjol No. 29 Jakarta, Rabu (3/1/2023) pukul 13.32 WIB.

Selaian KPU RI, surat yang ditandatangani 5 calon anggota KPU Maluku, juga dikirim kepada KPU Provinsi Maluku, di Jalan Sultan Hassanudin, Tantui, Kota Ambon, pada hari yang sama.

“Untuk KPU Maluku, surat diterima dan ditandatangi oleh ibu Nur,” kata Abdullah Ely, salah seorang yang bertanda tangan dalam surat gugatan.

5 orang calon anggota KPU Maluku melayangkan surat gugatan kepada KPU RI, lantaran terdapat kejanggalan pada tahapan pengumuman hasil Tes CAT dan Tes Psiko seleksi komisioner KPU Maluku periode 2024-2029.

Dalam gugatannya, para penandatangan surat tersebut meminta KPU RI membubarkan Tim Seleksi (Timsel), menghentikan sementara proses seleksi, dan dilanjutkan kembali setelah terjawab poin-poin yang dipersoalkan. “Ada delapan poin yang dipersoalkan lima calon anggota KPU Maluku,” tambah Ardiansyah.

Delapan poin yang tertera dalam surat gugatan salah satunya yaitu tahapan pengumuman hasil tes CAT dan Psiko. Pasalnya, tahapan yang semestinya dilakukan pada laman SIAKBA, tapi hasil pengumuman 20 besar itu sudah beredar di masyarakat umum. Padahal, pengumuman itu merupakan dokumen rahasia negara.

Selain itu, terdapat beberapa calon anggota KPU Maluku, yang nilai CAT-nya berubah-ubah. Timsel anggota KPU Maluku juga dinilai tidak transparan, dan tidak obyektif terkait dengan nilai terutama hasil penilaian essay.

BACA JUGA: Dinilai tak Profesional, Timsel KPU Maluku akan Dilaporkan ke KPU RI

Penulis : Husen Toisuta

BACA JUGA :  Di Balik Kemenangan Madrid atas Barcelona

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.