Pj Walikota Ambon : Saya Terima Laporan Ada Lurah Bagi Kartu Nama Caleg

oleh
oleh
Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena . (ANTARA/ Penina F Mayaut).

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Penjabat (Pj) Walikota Ambon Bodewin Wattimena menyatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terindikasi mendukung salah satu calon anggota legislatif pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan diberikan sanksi.

“Saya menerima laporan dari masyarakat bahwa ada oknum lurah yang membagikan kartu nama caleg kepada masyarakat, hal ini tentu melanggar netralitas ASN, ” katanya di Ambon, Selasa (9/1/2024).

Walikota telah meminta masyarakat untuk memberikan bukti berupa foto saat oknum ASN Pemkot Ambon itu membagikan kartu nama caleg.

“Jika terbukti melakukan pelanggaran akan dinonjobkan dari jabatan, saya sudah ingatkan berkali-kali khusus untuk ASN netralitas sangat penting, ” katanya.

Sebelumnya, kata Bodewin, pihaknya menerima laporan Bawaslu bahwa ada dugaan pelanggaran netralitas ASN Pemkot Ambon, yang disampaikan berserta bukti di media sosial.

Dugaan pelanggaran yang dilakukan dengan memberikan dukungan berupa memberikan respon pada postingan salah satu caleg di media sosial.

“Saya telah meneruskan temuan pelanggaran tersebut ke kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) untuk diperiksa, dan jika melanggar maka akan diberikan sanksi sesuai tingkatan, mulai dari teguran lisan hingga tertulis, ” ujarnya.

Dia menegaskan tugas utama ASN adalah menjaga netralitas dan sesuai ketentuan perundang-undangan bahwa ASN tidak boleh terlibat dalam politik praktis.

ASN diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

“Oleh karena itu mari kita gunakan saja hak pilih, jangan gunakan kesempatan dalam politik. Hal ini kerap saya sampaikan kepada ASN dalam menjelang pemilu dan pilkada 2024,” katanya.

Ia juga mengingatkan ASN di lingkup Pemkot Ambon agar bijak menggunakan media sosial menjelang Pemilu 2024.

“Saya kembali mengingatkan ASN berhati-hati dan bijak dalam menggunakan medsos, juga berperilaku selama masa kampanye hingga Pemilu 2024, ” Kata Bodewin.

BACA JUGA :  Chicco Jerikho positif Covid-19
Pewarta : Penina Fiolana Mayaut/Antara
Editor : Edy M Yakub
**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.