Bulog Maluku Miliki Stok 20.200 Ton Beras Untuk Persiapan Ramadhan

oleh
oleh
Pekerja membongkar beras Bulog di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Maluku. ANTARA/John Soplanit

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Perum Bulog Maluku memiliki stok beras sebanyak 20.200 ton untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

“Oleh sebab itu masyarakat tidak perlu khawatir, apalagi menghadapi kondisi cuaca yang kurang bagus saat ini, kami sudah mempersiapkan kebutuhan hingga memasuki bulan Ramadhan nanti, stok beras banyak,” kata Kepala Perum Bulog Maluku dan Maluku Utara Chaerul Mazhar, di Ambon, Rabu.

Dia merincikan stok beras 20.200 ton itu terdiri atas 13.600 ton yang saat ini sudah ada di gudang milik Bulog tersebar di Gudang Air Salobar dan Halong di Kota Ambon, kemudian Kota Tual, Sefnana di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KTT), dan Mako Kabupaten Pulau Buru.

Sedangkan 6.600 ton merupakan beras asal Vietnam yang didatangkan beberapa hari lalu sedang dibongkar di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

“Kami juga sedang menambah permintaan untuk mengantisipasi, apalagi menjelang bulan puasa sampai Idul Fitri pasti ada kegiatan-kegiatan pasar murah dan sebagainya, stok beras harus tetap tersedia dalam jumlah yang cukup,” ujarnya.

Selain beras, Bulog Maluku juga menyiapkan stok kebutuhan pokok yang lain, seperti gula pasir dan minyak goreng, hal ini untuk mengimbangi pengusaha swasta di daerah ini.

“Stok gula pasir tercatat sebanyak 68 ton, dan minyak goreng 95.000 liter, jadi cukup banyak,” ujarnya pula.

Terkait harga, sekarang ini di pasar tradisional harga gula pasir sudah mencapai Rp17.500 per kilogram, sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan Badan Pangan Nasional (Bapanas) pada akhir 2023.

Sedangkan untuk minyak goreng terutama Minyakita masih tetap sebesar Rp14.000 per liter.

Pewarta : Winda Herman/Antara
Editor : Budisantoso Budiman

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

BACA JUGA :  Tingkatkan Penggunaan Energi Ramah Lingkungan, PLN Ganti 38 PLTD Jadi PLTS di Maluku dan Malut

No More Posts Available.

No more pages to load.