DPRD Maluku Minta Penyelesaian Lahan RSUD Ambon Tidak Berlarut-larut

oleh
oleh
RSUD dr Haulussy Ambon di kawasan Kudamati Kota Ambon disegel ahli waris pemilik lahan. FOTO : TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wakil Ketua Komisi I DPRD Maluku Jantje Wenno mengharapkan penyelesaian masalah lahan RSUD dr. M. Haulussy Ambon tidak berlarut-larut agar pelayanan kesehatan masyarakat berjalan dengan baik.

“Menurut saya agar masalah tersebut tidak berlarut-larut maka ada dua cara yang dapat dilakukan dimana pemerintah bisa melunasi sisa pembayaran lahan atau keluarga Yohannes Tisera selaku pemilik lahan bisa melakukan eksekusi bila proses pembayaran tidak dilakukan pemda,” kata Jantje di Ambon, Jumat (12/1/2024).

Sebab pembayaran pertama oleh pemda sudah dilakukan sejak 2019 dan dilanjutkan 2020 sehingga totalnya Rp18 miliar namun untuk tiga tahun terakhir dilakukan proses pembayaran lanjutan sebesar Rp31 miliar lebih.

“Pembayaran lahan pada 2019 dan 2020 karena pemda berasumsi kalau lahan itu milik Yohannes Tisera sehingga mereka membayar ke sana,” ucapnya.

Namun hingga saat ini tidak ada lanjutan pembayaran lahan oleh pemda, apalagi setelah adanya surat masuk dari Saniri Negeri atau Badan Pemerintahan Desa Urimessing.

Menurut dia, keluarga pemilik lahan bisa melakukan eksekusi sehingga ada kemungkinan pemerintah daerah bisa melanjutkan sisa pembayaran lahan tersebut.

Menyangkut adanya sebuah surat bukti sejak tahun 1970-an yang diduga palsu, Jantje menyarankan agar sebaiknya diproses secara hukum untuk pembuktian.

Sementara Adolof Gerit Suryaman selaku kuasa hukum Yohannes Tisera mengatakan sesuai hasil penghitungan yang dilakukan appraisal diketahui untuk total nilai pembayaran lahannya sebesar Rp65 miliar.

Lahan RSUD Haulussy milik Yohannes Tisera seluas 31.880 M2 yang di atasnya terdapat bangunan RSUD dr. M. Haulussy Ambon, bangsal mayat, bangsal gila, asrama puteri, asrama putera, rumah generator, dan rumah dinas dokter.

Pewarta : Daniel Leonard/Antara
Editor : Indra Gultom

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

BACA JUGA :  Jelang Natal, Murad  Berbagi Kasih di Panti Asuhan

No More Posts Available.

No more pages to load.