5.643 Anggota Pengawas TPS di Maluku Dilantik

oleh
oleh
Koordinator Devisi SDM dan Diklat Bawaslu Maluku, Stevin Mellay, di Ambon, Kamis (9/11/2023). (ANTARA/Winda Herman)

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Sebanyak 5.643 anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Provinsi Maluku akan dilantik oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Pengangkatan dan pelantikan anggota PTPS oleh Panwascam di 11 kabupaten/kota di Maluku dilakukan sebagaimana ketentuan Peraturan Perundang-undangan yakni Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 132 ayat 4.

“Sebagaimana jadwal pada Juknis Perekrutan PTPS pelantikan akan dilakukan tanggal 21-22 Januari 2024,” kata Stevin Melay, Koordinator Divisi SDM/OD Bawaslu Provinsi Maluku dalam keterangannya yang diterima Terasmaluku.com, Minggu (21/1/2024).

Stevin mengaku, sesuai jumlah kebutuhan PTPS di Maluku, semestinya yang harus dilantik berjumlah 5.662 orang. Ini disebabkan terdapat 19 TPS tidak memiliki peserta atau pendaftar sejak dibuka hingga dilakukan perpanjangan.

Ia menjelaskan, 19 TPS yang sepi peminat tersebut tersebar pada 4 Kabupaten. Diantaranya Buru 1 TPS, Seram Bagian Barat 2 TPS, Maluku Tengah 4 TPS dan Maluku Barat Daya 7 TPS.

“Untuk Kabupaten Maluku Barat Daya terdiri dari 7 TPS tersebut, 5 diantaranya adalah TPS khusus yang berada di wilayah Perusahan Pulau Wetar,” tambah Stevin.

BACA JUGA: Bawaslu Maluku: Trend Dugaan Keterlibatan Kades Ikut Berkampanye Meningkat

Terkait kekosongan pada 19 TPS itu, Stevin menjelaskan sebagaimana Juknis perekrutan, akan kembali dilakukan pembukaan pendaftaran. Pendaftaran akan dibuka sejak tanggal 24 Januari sampai dengan 7 Februari 2024.

“Kami berharap pada tahapan itu sudah ada masyarakat yang mendaftar sebagai calon PTPS. Beberapa alasan terjadinya kekosongan pendaftar yakni usia yang tidak mencukupi, tapi lebih banyak adalah keterpenuhan ijazah yakni minimal berijazah SMA atau sederajat,” ucapnya.

Ia menambahkan, sesuai laporan Bawaslu Kabupaten/Kota dari 118 Kecamatan di Maluku, hari ini tanggal 21 Januari 2024 hanya terdapat 1 Kecamatan yang melakukan pelantikan anggota PTPS. Yaitu Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur. “Sedangkan 117 kecamatan lainnya akan melakukan pelantikan secara serempak di hari Senin, tanggal 22 Januari 2024,” tambahnya.

BACA JUGA :  Kebakaran di Gudang Arang Ambon, 9 Unit Rumah Ludes

Menurutnya, setelah pelantikan para Pengawas TPS ini akan mengikuti pembekalan untuk penguatan kapasitas mereka dalam melakukan tugasnya sebagai ujung tombak Bawaslu di TPS.

“Untuk memastikan proses rekrutmen dan pelantikan dilaksanakan secara baik oleh Panwascam, maka Bawaslu Provinsi Maluku melakukan Supervisi sejak tanggal 20-24 di 11 Kabupaten/Kota,” pungkasnya.

Penulis: Husen Toisuta

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.