Bawaslu Maluku : Cuaca Buruk Hambat Pelipatan Surat Suara Pemilu di MBD

oleh
oleh
Ketua Bawaslu Maluku Subair. FOTO : TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Maluku mengatakan, KPU Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) mengalami hambatan pendistribusian logistik surat suara karena cuaca buruk hingga memperlambat proses pelipatan.

“Cuaca laut buruk makanya pengiriman surat suara ke MBD sedikit terlambat. Dan sekarang masih berproses. Hal ini juga akhirnya menghambat pelipatan surat suara,” kata Ketua Bawaslu Maluku Subair, di Ambon, Selasa (23/1/2024).

Ia mengatakan, dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku, hanya tersisa Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kabupaten MBD yang masih berproses pada tahapan penyortiran dan pelipatan surat suara DPRD Provinsi. “Untuk proses sortir dan lipat surat suara pemilu di Maluku hanya tersisa Kabupaten MBD,” ujarnya.

Ia menyatakan, sementara untuk 10 daerah lainnya telah selesai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

Mereka hanya tinggal menunggu surat suara pengganti yang rusak atau kurang untuk kemudian disortir dan dilipat kembali sebelum dikirim ke Tempat Pemungutan Suara (TPS)

“Surat suara rusak telah dilaporkan ke pihak penyedia. Setelah diganti, baru lah KPU tiap kabupaten/kota kembali menyortir dan melipatnya,” ungkap Subair.

Subair memastikan, pihak terkait akan bekerja keras untuk mengatasi kendala ini demi kelancaran proses pemilihan umum. Upaya intensif dilakukan dalam menghadapi tantangan seperti cuaca buruk, logistik, dan teknis untuk memastikan setiap tahap pemilu berjalan dengan transparan dan adil.

“Bawaslu berkomitmen menjaga integritas dan keberhasilan pelaksanaan pemilu yang demokratis,” katanya menambahkan.

Selain itu, demi kelancaran pelaksanaan pemilu yang adil dan transparan, ia juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi, serta mengharapkan kerja sama dari semua pihak terkait untuk menciptakan kondisi yang kondusif.

“Keberhasilan pemilu diukur dari integritasnya, dan Bawaslu berkomitmen untuk menjaga kepercayaan publik terhadap proses demokratis tersebut,” ucap Subair.

BACA JUGA :  BI Maluku Layani Penukaran Uang Pecahan Rp75.000

Pewarta : Winda Herman/Antara
Editor : Biqwanto Situmorang

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.