KPU Kota Ambon Kekurangan 2.850 Surat Suara, Terbanyak Rusak Surat Suara DPRD Provinsi

oleh
oleh
Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Ambon meninjau persiapan logistik Pemilu 2024 di Sport Hall Karang Panjang Ambon. ANTARA/ Penina F Mayaut.

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon kekurangan sebanyak 2.850 lembar surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Kekurangan tersebut berasal dari surat suara yang belum diterima  KPU Kota Ambon dan surat suara yang ditemukan rusak usai tahapan sortir dan pelipatan surat suara,” kata Ketua KPU Kota Ambon, M. Shadek Fuad di Ambon, Jumat (26/1/2024).

Ia merinci kekurangan 2.850 surat suara karena rusak untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 209 lembar, surat suara DPD 61 lembar.

Surat suara DPR RI 680 lembar, DPR Provinsi Maluku, jumlah kerusakan 1.203 dan jumlah kekurangan kirim 282 jadi permintaan sebanyak 1.485 lembar.

Sedangkan DPRD kota Ambon Daerah pemilihan 1,2,3 dan 4 jumlah kerusakan terbagi menjadi dapil I sebanyak 72 lembar, dapil II 132, dapil III sebanyak 67 dan dapil IV  99 lembar.

Ia menyatakan KPU Ambon telah melaporkan  kekurangan dan penambahan surat suara yang rusak ke KPU Provinsi Maluku untuk penggantian.

“Semua sudah kami laporkan ke KPU Provinsi untuk jumlah kekurangan surat suara, termasuk temuan surat suara yang rusak untuk dilakukan penggantian dalam waktu dekat,” katanya.

Ia berharap,  proses pengiriman  bisa cepat  untuk kemudian dilakukan   pelipatan dan sortir yang kurang tadi melengkapi kebutuhan.

Selanjutnya akan dilakukan pengepakan di perlengkapan pemungutan suara baik yang di dalam kotak maupun di luar kotak suara dan setelah pengepakan semua siap.

“Kami juga akan menyusun rencana untuk mendistribusikan  kotak suara sampai ke TPS,” katanya.

Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan pihak keamanan TNI/ Polri untuk mempertimbangkan dan memastikan kotak suara aman dalam proses pengiriman ke TPS.

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut/Antara
Editor : Ikhwan Wahyudi

BACA JUGA :  Tiga Faskes di Ambon Tutup Sementara

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.