Mulai 5 hingga 17 Februari 2024, BTN Manusela Tutup Jalur Pendakian Gunung Binaiya

oleh
oleh
Jalur pendakian Gunung Binaiya di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. (ANTARA/Sreenshoot Instagram)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Balai Taman Nasional (BTN) Manusela menutup jalur pendakian Gunung Binaiya di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku selama pelaksanaan pemilihan umum (pemilu).

“Kami ingin warga termasuk pengunjung wisata turut serta memberikan hak suara dalam pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024,” kata Kepala Balai Taman Nasional Manusela Mhd Zaidi di Ambon, Kamis (1/2/2024).

Ia mengatakan penutupan aktivitas wisata pendakian di Taman Nasional Manusela itu, berlangsung sejak 5 Februari sampai dengan 17 Februari 2024.

“Ini diharuskan karena kami memberikan kesempatan bagi pemandu pendakian juga ikut menggunakan hak suaranya. Kalau tetap dibuka, nanti siapa yang mendampingi pengunjung,” ujarnya.

Zaidi mengatakan selain pendakian Gunung Binaiya ditutup karena pelaksanaan pemilu, juga karena memberikan kesempatan bagi pemulihan keanekaragaman hayati (biodiversity) yang ada di Taman Nasional Manusela.

“Hal ini guna untuk memulihkan diri keanekaragaman hayati akibat aktivitas kunjungan wisata pada liburan tahun baru lalu. Karena kan banyak pengunjung,” katanya.

Ia juga meminta kepada para pengunjung kawasan konservasi TN Manusela nantinya tetap menjaga kebersihan dan menjaga budaya masyarakat setempat.

“Ya pastinya kami berharap bagi siapa pun yang mengunjungi kawasan konservasi kami, tetap menjaga kebersihan, menjaga etika, dan menjaga budaya masyarakat yang ada di sekitar kawasan tersebut,” kata Zaidi.

Ia juga berharap, masyarakat dapat memahami kondisi pelaksanaan pemilu ini, agar berjalan lancar dan semua masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya.

Pewarta : Winda Herman/Antara
Editor : Maximianus Hari Atmoko

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

BACA JUGA :  Kasus Dana Klaim Covid RSUD Umarela Tulehu Ditutup Kejati Maluku

No More Posts Available.

No more pages to load.