Penyelundupan 16 Ekor Satwa Endemik Maluku Melalui Pelabuhan Namlea Digagalkan

oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Upaya penyelundupan 16 ekor satwa endemik Maluku melalui Pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru digagalkan Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Maluku Satpel Namlea, Minggu (4/2/2024).

Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Maluku, Abdur Rohman, Senin (5/2/2024) menjelaskan, belasan ekor satwa liar dilindungi yang diselundupkan ini terdiri dari burung Nuri dan Perkici.

Belasan ekor burung endemik Maluku ini rencananya akan diselundupkan ke kawasan Indonesia Barat melalui jalur laut.

“Satwa jenis Nuri Maluku dan Burung Perkici dengan jumlah 16 ekor ini diselundupkan menggunakan kemasan air mineral dan kardus dengan berbagai ukuran,”ungkapnya.

Upaya penyelundupan ini terbongkar setelah tas calon penumpang kapal digeledah.

“Karantina Maluku Satpel Namlea serta instansi vertikal seperti Pelni, TNI, POM, dan KP3 berhasil menemukan dan membongkar sebuah tas yang berisi belasan satwa khas Maluku ini,”sambungnya.

Tak dipungkirinya, penyelundupan seperti ini kerap ditemukan.

“Penyelundupan satwa liar yang merupakan satwa endemik Maluku memang sering ditemukan dan dilakukan dengan alasan sebagai oleh-oleh dari Namlea,”bebernya.

Seluruh satwa tersebut telah diserahkan kepada BKSDA Resort Pulau Buru.

Karantina Maluku pastikan akan selalu sigap dan siaga untuk terus menjaga agar keanekaragaman hayati khususnya wilayah Pulau Buru ini terus ada dan tidak berkurang karena diselundupkan.

Dia menghimbau berharap masyarakat dapat bekerjasama dan patuh aturan Karantina sesuai dengan amanat UU 21/2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan.

“Kami sebagai Badan Karantina Indonesia juga memiliki tugas menjaga Tumbuhan Satwa Liar/Langka di Indonesia. Hal ini tertuang dalam Pasal 7 UU 21/2019 Tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhamn yaitu mengenai tujuan penyelenggaraan Karantina,”tandasnya.

Penulis : Ruzady Adjis

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

BACA JUGA :  Penghormatan Terakhir Jenazah ASN BAPPEDA Sebelum Dimakamkan

No More Posts Available.

No more pages to load.