Cek Fakta: Video Masyarakat Aceh Kepung KPPS tidak Betul

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Video yang menyatakan masyarakat Aceh kepung KPPS karena main curang beredar luas di grup-grup whatsapp warga Maluku.

Video berdurasi 2.17 detik ini dibagikan ramai oleh warga Maluku di grup-grup whatsapp.

Penelusuran Terasmaluku.com, pada video yang dibagikan itu ditambahkan narasi di atasnya “kalau di ACEH mau main curang ini Ih kejadiannya “.

Video yang dishare tersebut diketahui dibagikan dari akun tiktok @abdul.aziz.0073. Akun tiktok abdul.aziz juga membagikan video itu dari akun tiktok @user1084996291919, dimana video ini diduga sudah dihapus oleh akun pertama yang membagikannya.

 

 

Terasmaluku.com menelusuri akun tiktok @abdul.aziz.0073. Hingga Kamis (15/2/2024) pukul 21.45 WIT, terlihat video ini sudah ditonton oleh 4.383 orang. Sementara yang menyukainya sebanyak 287 orang, dan sudah 41 orang membagikan video itu.

BACA JUGA: Cek Fakta: Belum Ada Bukti Video Surat Suara Paslon yang Dicoblos Lebih dari 15 Lembar

Dari penelusuran Terasmaluku.com menggunakan google lens setelah video itu difragmentasi ke foto pada menit ke 01.32, diketahui kejadian itu terjadi di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. Hal ini terungkap dari kantor bupati setempat.

Namun jika video itu dihubungkan dengan Pemilu Tahun 2024, maka hal tersebut bisa dipastikan tidak benar. Sebab, pada Pemilu tahun ini kotak suara sudah terbuat dari bahan dasar kertas.

Sementara dalam video itu, kotak suara yang diangkat dan dibanting oleh warga ke tanah masih terbuat dari alumunium. Hal itu tampak jelas dari warna kotak suara yang sama dengan warna alumunium, dan pada detik ke 6 video itu, terdengar bunyi kotak suara saat dibanting ke tanah. Bunyinya menandakan kotak suara itu terbuat dari bahan alumunium.

BACA JUGA :  Pandangan Jepang terbagi untuk olimpiade di tengah kasus COVID-19

Pada menit ke 01.09, tampak jelas kotak suara itu terbuat dari alumunium. Di sisi kiri kotak suara itu terdapat tulisan “PRESIDEN” pada kertas yang ditempelkan. Sementara pada Pemilu tahun ini, pada sisi kiri tertulis “KPU Pemilu Tahun 2024”.

Selain itu, kotak suara pada pemilu tahun 2024 adalah berwarna putih yang didepannya terdapat plastik transparan. Kemudian di atasnya tertulis Presiden dan Wakil Presiden dengan latar warna abu-abu.

Dari penelusuran Terasmaluku.com, dapat disimpulkan bahwa video warga Aceh serang KKPS karena main curang pada Pemilu Tahun 2024, tidak benar.

Penulis : Husen Toisuta

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.