Rektor Unpatti Sebut Pilmapres Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa

oleh
oleh
Para juri Pilmapres Unpatti tahun 2024 (Antara/HO-Unpatti)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Prof Freddy Leiwakabessy mengemukakan bahwa pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) yang digelar kampus itu meningkatkan kualitas dan kompetensi mahasiswa pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.

“Selaku civitas akademika dan tenaga kependidikan di Unpatti kami punya tanggung jawab yang besar untuk menghasilkan para mahasiswa yang berkualitas baik di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di dalam proses tridharma perguruan tinggi serta mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin bangsa yang mampu beradaptasi dengan perkembangan yang ada dan mampu bersaing di semua ajang,” kata Rektor dalam keterangan yang diterima di Ambon, Selasa (16/4/2024).

Rektor mengatakan, penguasaan dan adaptasi yang baik serta kemampuan berkompetisi di era perkembangan ilmu pengetahuan, informasi dan teknologi adalah barometer bagi keberhasilan mahasiswa, oleh karena itu kepada para dosen agar dapat melakukan proses pembimbingan dan pembinaan secara baik dan konsisten.

“Hal itu juga agar dapat mempersiapkan mahasiswa yang mampu dan siap berkompetisi baik di tingkat regional maupun nasional. diharapkan ke depanya nama Unpatti dapat diharumkan pada kancah yang lebih tinggi lagi,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pilmapres Universitas Pattimura Amjad Salong menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek maka dari itu diharapkan agar setiap fakultas yang mengikuti kompetisi agar mempersiapkan mahasiswanya dengan baik karena persiapan yang kurang baik akan mempengaruhi kemampuan mahasiswa.

Dikatakan bahwa tujuan penyelenggaraan kompetisi ini untuk menguatkan kesadaran pengelolaan kampus dalam memfasilitasi kreativitas mahasiswa melalui kegiatan interparkriet, kopigret dan ekstra kulikuler, kemudian meningkatkan kesadaran pengelolaan kampus dalam memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi, serta meningkatkan jumlah gagasan kreatif mahasiswa.

BACA JUGA :  Warga Miskin di Kota Ambon Naik Akibat Pandemi Covid-19, Ini Upaya Penanganannya

Peserta yang mengikuti seleksi ini berjumlah sembilan orang delegasi dari sembilan fakultas di lingkup Universitas Pattimura.

“Selanjutnya bagi yang lolos seleksi ini akan diikutsertakan pada seleksi tingkat wilayah yang akan di selenggarakan oleh Badan Dikti dan bagi pemenang seleksi wilayah akan diikutsertakan pada kompetisi tingkat nasional 24 sampai 28 juli di Universitas Negeri Gorontalo,” kata Salong.

Pewarta : Ode Dedy Lion Abdul Azis/Antara
Editor : Triono Subagyo

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.