201 Pemenang Olimpiade Sains Unpatti Terima Medali

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Olimpiade Sains (OS) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) Universitas Pattimura tahun 2024 resmi ditutup, Kamis (18/4/2024).

Dari 3.342 peserta yang ikut, sebanyak 201 orang keluar sebagai pemenang pertama, kedua dan ketiga. Mereka menerima medali, penghargaan, bonus uang, dan piala saat penutupan di Gedung Rektorat Unpatti.

Olimpiade Sains yang dilaksanakan diikuti ribuan peserta dari tingkat SD, SMP dan SMA. Mereka berasal dari 330 sekolah pada 9 Kabupaten/Kota di Maluku.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Pieter Kakisina dalam sambutannya mengaku jumlah peserta OS Tahun 2024 meningkat. Ini menandakan ilmu MIPA semakin diminati para pelajar. Dan itu menjadi penting di era digitalisasi.

“Hal itu menunjukkan bahwa kemajuan teknologi saat ini mulai diikuti oleh pelajar kita. Dan kemajuan suatu negara itu salah satunya dilihat dari kemampuan sains. Sehingga kami berterima kasih kepada semua pihak, kepala sekolah, guru pendamping, yang telah memotivasi dan mendorong, termasuk para orang tua,” ungkapnya.

BACA JUGA: Expo Unpatti Ambon Tampilkan Inovasi, Kreativitas hingga Prestasi

Kepada para peserta yang keluar sebagai pemenang, Kakisina menyampaikan selamat dan terima kasih kepada para pihak yang sudah mensponsori pelaksanaan OS tahun 2024.

“Para pimpinan sekolah dan guru pendamping, tetap tingkatkan kualitas para pelajar,” pintanya.

Senada dengan Kakisina, Plt Dekan F-MIPA Unpatti, Dr. H J Wattimanela juga menyampaikan terima kasih kepada Univeristas dan semua pihak yang telah membantu hingga terlaksananya OS.

“Kepada para pemenang, jangan tinggi hati, selalu rendah hati sehingga kalian akan lebih tinggi lagi,” harapnya.

Para pemenang akan dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade tingkat nasional, hingga tingkat internasional. “Kita harus terus berupaya untuk bisa mencapai yang lebih tinggi,” kata dia.

BACA JUGA :  Gelombang Mencapai 3 Meter di Laut Maluku, Kapal Kayu Dilarang Berlayar

Ketua Panitia, Dr. Ivonne Telussa dalam laporannya menyampaikan, olimpiade ini merupakan yang ke-16. Para peserta terdiri dari tingkat SD 1.468 orang yang berasal dari 185 sekolah, SMP berjumlah 1.130 orang dari 100 sekolah, dan SMA berjumlah 744 pelajar yang berasal dari 45 sekolah.

Sebelumnya, 737 peserta berhasil masuk babak final, baik tingkat SD, SMA dan SMA. Yang berhasil mendapatkan medali sebanyak 201 peserta. tingkat SD penerima medali emas (9), medali perak (25), perunggu (45), total (79). Sementara SMP, emas (6), perak (24), perunggu (41), total (71). Dan untuk tingkat SMA, emas (9), perak (16), perunggu (26), total (51).

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.