Konsisten Terangi Negeri, Program LUTD PLN MMU Listriki 198 Rumah Tangga Kurang Mampu

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON– PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) terus menunjukkan komitmennya dalam menyalurkan energi listrik yang andal dan aman.

Penyaluran listrik ini turut memperhatikan masyarakat yang kurang mampu agar mendapatkan akses listrik secara gratis. Hal ini ditunjukan dengan data terbaru PLN UIW MMU, yang mana hingga pertengahan April 2024 ini, sebanyak 198 rumah tangga kurang mampu yang tersebar di Maluku dan Maluku Utara telah menikmati listrik berdaya 450 VA dan 900 VA.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menyampaikan, bantuan penyambungan listrik gratis ini diberikan melalui program Light Up The Dream (LUTD).

“Upaya kami untuk melistriki hingga ke pelosok, termasuk masyarakat pra sejahtera terus kami gencarkan. Alhamdulillah, masih di awal 2024, secara akumulasi 198 rumah tangga yang diberikan penyambungan listrik gratis,” ujar Awat.

Adapun program ini, lanjut Awat, diberikan untuk sekaligus mendukung program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Sehingga Awat berharap, masyarakat penerima bantuan sambung listrik gratis ini dapat memanfaatkannya tak hanya sebagai penerang, melainkan juga kebutuhan pergerakan perekonomian sesuai dengan potensi desa atau daerah masing-masing.

BACA JUGA: PLN UIW Maluku Malut Bagikan Tips Agar Listrik Rumah Aman Saat Mudik

“Tentu saja program ini menyasar masyarakat yang membutuhkan. Namun, kami harap juga ketika listrik sudah tersambung, masyarakat dapat menggunakannya untuk meningkatkan pendapatan mereka. Misalnya, di daerah pesisir dengan potensi perikanan dan kelautan, dapat memanfaatkan akses listrik untuk cold storage, atau pelaku UMKM yang baru mau menjajaki berbagai jenis usaha, bisa memanfaatkannya dengan maksimal,” terang Awat.

Salah seorang penerima manfaat di Kota Ambon, Wa Mini mengaku haru ketika dilakukan penyambungan gratis dengan daya 900 VA pada awal April 2024 lalu. Wa Mini yang kesehariannya sebagai ibu rumah tangga ini mengatakan, memiliki meteran listrik sendiri adalah mimpinya bersama keluarga. Akhirnya mimpi itu dapat terwujud di 2024.

BACA JUGA :  CCI Terbitkan Buku Kisah Tujuh Anak Muda Merawat Maluku

“Seperti berkah di 2024. Kami sekeluarga akhirnya punya meteran listrik sendiri. Yang mana anak-anak bisa belajar leluasa di malam hari, kami juga bisa pakai untuk kebutuhan sehari-hari, dan diusahakan mulai bisnis kecil-kecilan dari sekarang di rumah. Kami sekeluarga mengucapkan terimakasih buat PLN yang sudah mewujudkan mimpi kami,” ucap warga Tantui Bawah ini.

Adapun program LUTD ini murni bersumber dari kantong pribadi masing-masing pegawai PLN. Lagi-lagi PLN menunjukan dedikasinya bukan hanya untuk menerangi sampai ke pelosok namun akan ada kebermanfaatan lain yang muncul dari sisi kemanusiaan.

“Kami sangat bersyukur dengan adany penerangan ini. Alhamdulillah di Idul Fitri kali ini sudah bisa menikmati terangnya rumah kami di malam hari dan keluarga dapat berkumpul dengan perasaan bahagia karena sudah tidak menggunakan penerangan yang terbatas seperti lilin maupun pelita. Sekali lagi terima kasih PLN,” tutup Wa Mini

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.