Pemprov Maluku Maksimalkan Tata Ruang Pasar Mardika Untuk Tampung Pedagang

oleh
oleh
Pemerintah Provinsi Maluku meresmikan penggunaan pasar Mardika Kota Ambon. FOTO : HUMAS PEMPROV MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku memaksimalkan tata ruang di Pasar Mardika Ambon untuk menampung para pedagang.

“Pemerintah memberikan ruang yang layak bagi para pedagang tanpa mengurangi jumlah pedagang yang telah atau belum tertampung sesuai dengan hasil verifikasi,” kata Kepala Disperindag Provinsi Maluku Yahya Kotta di Ambon, Selasa (23/4/2024).

Ia mengatakan pedagang yang belum mendapat tempat akan diupayakan menambah los bagi pedagang sambil melihat kondisi, karena sesuai hasil kajian gedung baru ini hanya bisa menampung 1.700 pedagang.

Gubernur Maluku Murad Ismail berdialog dengan para pedagang saat peresmian gedung baru Pasar Mardika Ambon, Kamis (18/4/2024). FOTO : HUMAS PEMPROV MALUKU

Pedagang yang menempati gedung baru telah melalui proses verifikasi, yang dibuktikan dengan kartu pedagang, dan memenuhi seluruh kewajiban tanggung jawab sebagai pedagang secara rutin yang menjadi prioritas.

“Pedagang juga telah melakukan pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp600 ribu per los, dan biaya pemanfaatan bangunan Rp25 ribu per hari,” katanya.

Sebanyak 1.700 pedagang menempati empat lantai bangunan pasar yang menampung pedagang sayur, ikan, daging, buah-buahan serta pedagang yang menjual pakaian dan kebutuhan pokok lainnya,

Sebanyak 1.700 pedagang mulai menempati gedung baru Pasar Mardika Kota Ambon dengan desain pasar tradisional modern yang terdiri atas empat lantai. Di lantai satu terdapat 89 meja Los pedagang ikan dan daging, 197 pedagang sayur dan buah dan bumbu.

Lantai dua ditempati 52 pedagang makanan siap saji dan 389 pedagang sayur buah dan bumbu. Lantai tiga khusus pedagang pakaian dan sembako sebanyak 151 kios, juga dilengkapi dengan ruang pujasera, pedagang makanan siap saji, dan pedagang barang elektronik.

“Ada 1.700 pedagang menempati empat lantai bangunan pasar yang menampung pedagang sayur, ikan, daging, buah-buahan serta pedagang yang menjual pakaian dan kebutuhan pokok lainnya.

BACA JUGA :  Dugaan Korupsi Anggaran Setda SBB, Penyidik Tunggu Hasil Audit Kerugian Negara

Ia menjelaskan meja los pedagang kering dan basah serta kios tersedia bagi pedagang yang selama ini gedung putih, Pasar Arumbae dan pedagang yang berjualan di sepanjang ruas jalan Pantai Mardika.

Secara bertahap ke depan pihaknya menertibkan kawasan depan Pasar Mardika baik parkiran maupun pedagang yang berjualan di badan jalan, sehingga tidak ada aktivitas perdagangan maupun parkiran.

“Rencananya kita membangun lokasi parkir didukung pendanaan baik APBD, APBN atau bantuan lainnya kita akan manfaatkan pusat parkiran, khusus di pasar terapung,” katanya.

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut/Antara
Editor : Agus Salim

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.