Menyongsong Festival Film Pendek 2024

oleh
oleh
Pdt. Rido Kwalomine / PB AMGPM. FOTO : DOK. PRIBADI

SELASA, 23 April 2024 lalu sekira pukul 13.15 WIT, bunyi notifikasi di handphone terdengar. Ada WA masuk. Ketika diperiksa, ternyata ada pesan dengan kalimat pendek menyertai 1 file dalam format PDF. Kalimat pendek itu berbunyi; “Pak Idho, berikut kami sampaikan undangan kepada AMGPM untuk hadir dan meresmikan Launching Acffest 2024 ya Pak.” Undangan tersebut berlogo Garuda dengan tulisan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia pada Kop Surat.

Mungkin bagi sebagian orang yang menerima sepucuk surat undangan atau panggilan dari lembaga anti rasuah ini, seketika akan senam jantung dan denyut nadi menjadi tak beraturan. Apalagi yang sedang dihantui perkara penyalahgunaan kekuasaan atau kewenangan.

Namun tidak begitu bagi AMGPM. Ketika surat soft file PDF ini dibuka, ada kebanggaan tersendiri sebagai AMGPM sebab Organisasi Kepemudaan yang berbasis Kegerejaan pada GPM ini merupakan satu-satunya OKP di Indonesia yang mendapatkan penghormatan untuk ikut meresmikan satu agenda tahunan milik Lembaga yang menangani Pemberantasan Korupsi ini.

Sejak tahun 2023, AMGPM melalui Fesfip (Festival Film Pendek) telah menjalin kerjasama dengan KPK RI melalui satu unit strategisnya yaitu Acffest. Sinonim dari Anti Corruption Film Festival untuk mengadakan Festival Film Pendek yang memberikan perhatian terhadap sosialisasi, kampanye dan penguatan peran serta masyarakat dalam melawan tindak pidana korupsi.

Fesfip adalah produk AMGPM yang dibuat untuk mengakomodasi pemuda dan cineas muda di Maluku dan Maluku Utara untuk berperan, berkreasi dan berekspresi sambil manyampaikan ide dan aspirasi melalui sebuah karya film pendek. Sejak Fesfip diselenggarakan secara perdana pada tahun 2022, terdeteksi sejumlah potensi pemuda dalam kelompok dan komunitas yang memiliki minat pada dunia cinematography namun tidak memiliki wadahnya. Maka Fesfip menjadi wadah dan panggung untuk berkreasi dan berekspresi bagi mereka.

BACA JUGA :  DPRD Maluku Minta Pemerintah Operasi Pasar Akhir Tahun Cegah Inflasi

Festival Film Pendek Tahun 2024 kolaborasi Fesfim AMGPM dan Acffest KPI RI ini mengusung dua tema sekaligus yaitu tema Nasional dan Tema Lokal yakni “1 Dekade Berkarya Lawan Korupsi Lewat Seni” dan “Masa Depan Tanpa Korupsi”. Adapun agenda ini akan dibuka seluruh Pemuda di Maluku, Maluku Utara, Sulawesi dan Papua.

Ketua Umum PB AMGPM, Bung Melkianus Sairdekut mengungkapkan rasa bangga sekaligus harapannya atas kerja sama ini. Menurutnya; “AMGPM patut berbangga dan bersyukur mendapatkan kepercayaan serta peluang kerja sama dengan KPK RI. Ini hal yang luar biasa. AMGPM menjadi mitra di daerah. Sekaligus menjadi tantangan bagi AMGPM bahwa dengan kesempatan ini ikut dapat menciptakan Kader Berintegritas dan bertanggungjawab untuk membangun negeri ini”. Lebih lanjut menurutnya, Negeri ini akan semakin maju bila dipimpin oleh orang-orang yang memiliki integritas diri dan AMGPM menyadari hal itu, tuturnya.

Penulis : Pdt. Rido Kwalomine / PB AMGPM

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.