Semarak Hardiknas Dikbud Malteng akan Gelar Rangkaian Kegiatan Ini

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-MASOHI- Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 merupakan momen penting untuk memperingati perjuangan para pahlawan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hardiknas kali ini mengusung tema “Merdeka Belajar” yang sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam mewujudkan pendidikan yang berpusat pada peserta didik.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Tengah (Malteng), Husen Mukadar, mengatakan, sebagai salah satu kabupaten di Indonesia, Malteng memiliki potensi besar untuk menyukseskan program Merdeka Belajar.

“Dengan kekayaan budaya dan alamnya yang luar biasa, Malteng dapat menjadi tempat belajar yang inspiratif bagi para peserta didik,” kata Husen Mukadar dalam keterangannya yang diterima Terasmaluku.com, Minggu (28/4/2024).

Husen mengatakan untuk memeriahkan Hardiknas 2024, akan diadakan kegiatan yang dapat menyemarakkan semangat Merdeka Belajar di Malteng. Kegiatan yang akan digelar diharapkan dapat menjadi wadah bagi para peserta didik untuk mengeksplorasi potensi diri, mengembangkan bakat, dan berkarya secara kreatif.

“Tujuan Kegiatan tersebut untuk memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan akan penting dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa, meningkatkan semangat dan motivasi pendidik dalam mewujudkan Merdeka Belajar,” ujarnya.

Husen juga mengaku pihaknya telah memberikan apresiasi kepada para peserta lomba Olimpiade dan sekolah pelaksana Olimpiade.

Pihaknya juga mendorong sekolah-sekolah di Malteng untuk menjadi Green School, dan dapat menanamkan rasa cinta tanah air serta nasionalisme kepada para siswa. Juga dapat memperkenalkan Sekolah Kandidat Rujukan Google kepada masyarakat.

BACA JUGA: Tekan Inflasi, Siswa SD SMP di Malteng Akan Gelar Tanam Cabai, Kepdikbud: Ini Bagian Dari Konsep Green School

Selain itu, pihaknya juga berharap agar pihak sekolah dapat menampilkan hasil karya Sekolah Penggerak di Malteng, maupun memanfaatkan awan Penggerak Negeri untuk Daerah 3T.

BACA JUGA :  PLN Amankan Listrik pada Peringatan HUT ke-66 Kota Masohi

“Sasaran kegiatan ini ditujukan kepada Peserta didik jenjang paud, SD, SMP. Guru dan tenaga kependidikan. Orang tua/wali peserta didik dan masyarakat umum di Malteng,” sebutnya.

Adapun jenis kegiatan akan dilaksanakan dalam beberapa bentuk. Diantaranya pada Senin, 29 April 2024 Penanaman cabe dan tomat guna mendukung green school. Ini dilakukan secara serentak yang dimulai di SMPN 4 Malteng.

Pada Selasa, 30 April 2024 Bakti Sosial serentak di semua kecamatan pada tempat-tempat umum dengan membuat video reel terkait dengan Ucapan Hardiknas.

Rabu, 1 Mei 2024 Jalan Santai oleh seluruh Guru Pegawai dan Siswa se-Kabupaten Malteng diahiri dengan Pembagian doorprize.

Kamis, 2 Mei 2024 bertempat di Pendopo Bupati Malteng Lokakarya Guru Pengggerak Angkatan 9 Pembukaan Workshop. Pemanfaatan Awan Penggerak Negeri di atas Awan, Sosialisasi manfaat Awan Penggerak bagi sekolah-sekolah di Maluku Tengah. Selanjutnya dilakukan Upacara Bendera Lounching Kandidat Sekolah Berbasis Google (KSRG) Pemberian Apresiasi kepada Siswa pemenang Olimpiade SAINS MIPA.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini, dapat meningkatkan semangat dan motivasi pendidik di Malteng untuk mewujudkan Merdeka Belajar, menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme kepada para siswa, serta mendukung kemajuan pendidikan di Malteng,” harapnya.

Penulis: Nair Fuad

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.