Srikandi PLN MMU Prakarsai Edukasi Ketenagalistrikan di SMK Misbahul Aulad Labuha Bacan Malut

oleh
oleh
Program PLN Baronda Sekolah PT PLN UIW Maluku Maluku Utara mendatangi SMK Misbahul Aulad Labuha, Provinsi Maluku Utara, Senin (6/5/2024). FOTO : HUMAS PLN UIW MMU

TERASMALUKU.COM,-BACAN-PLN Baronda Sekolah merupakan sebuah program yang digagas PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU).

Program ini telah digelar dan digencarkan secara masif dari 2023 sampai 2024 ini. General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menjabarkan, PLN Baronda Sekolah ini menyasar pelajar tingkat SMA di wilayah kerjanya. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi, memperkuat pengetahuan dasar terhadap siswa-siswi terkait dengan ketenagalistrikan.

“Wawasan akan kelistrikan ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk meminimalisir adanya gangguan arus pendek, juga masyarakat tahu apa yang harus dilakukan dalam keadaan emergency. Nah, edukasi ini kami rasa efektif jika langsung menyasar pelajar di masing-masing daerah. Mereka sebagai agent of change diyakini dapat turut berkontribusi di lingkungan masing-masing. Terlebih pada sekolah-sekolah kejuruan, yang memiliki jurusan terkait kelistrikan misalnya,” terang Awat, Rabu (8/4/2024).

Hal ini merupakan salah satu alasan PLN UIW MMU menggencarkan PLN Baronda Sekolah, baik di Maluku maupun di Maluku Utara. Selain itu, semangat Raden Adjeng Kartini dalam memberdayakan potensi perempuan masih terus membara dalam diri Srikandi PLN UIW MMU sehingga kegiatan ini turut diprakarsai oleh mereka.

Terlihat juga, sekolah-sekolah yang dituju menyambut kedatangan tim PLN dan memberikan kesempatan bagi para siswanya mengikuti kelas tambahan itu. Seperti PLN Baronda Sekolah yang digelar di SMK Misbahul Aulad Labuha pada Senin (6/5/2024).

PLN UIW MMU mengunjungi Kota Labuha, Bacan di Maluku Utara untuk bertemu dengan ratusan siswa-siswinya. Dalam kesempatan itu, PLN menyajikan materi, mulai dari Keselamatan Ketenagalistrikan, PLN Mobile hingga informasi kesempatan studi di Institut Teknologi PLN (ITPLN).

BACA JUGA :  Pemkot Hentikan Proyek Rumah Murah Karena Tak Ber-IMB

Materi ini disampaikan oleh para pemateri yang mumpuni di bidangnya, seperti; Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan, Maman Sulaeman; Manager UP3 Ternate, Kurniawan Fitrianto; dan Team Leader Niaga dan Pelayanan Pelanggan, Sitra Dewi Latukau

Kepala SMK Misbahul Aulad Labuha, Nasir Hi Abdullah S.Pd menyampaikan apresiasinya atas PLN yang telah menyasar sekolah dengan latar belakang siswa yang kebanyakan berasal dari Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) itu.

Kata dia, ini merupakan kesempatan bagi para siswa untuk belajar lebih dalam tentang kelistrikan, dan memunculkan minat mereka ketika ingin melanjutkan studi ke jenjang berikutnya.

“Karena kebanyakan siswa kita berada di daerah 3T, jadi mungkin bisa memundahkan mereka ketika nanti melanjutkan sekolah ataupun pendidikannya di jenjang selanjutnya. Terutama melalui ITPLN, siswa kita juga bisa berkesempatan untuk bersekolah di sana,” harapnya.

Harapan ini disambut Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan, Maman Sulaeman. Kata Maman, setiap tahunnya ITPLN membuka pendaftaran bagi lulusan SMA/SMK atau sederajat untuk melanjutkan studi di bidang kelistrikan.

Putra-putri di Maluku dan Maluku Utara mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa bersekolah di perguruan tinggi yang berfokus pada pendidikan dan penelitian di bidang ketenagalistrikan itu.

“Saya harap lebih banyak lagi yang mendaftar ketika dibuka kesempatan rekrutan ya. Karena, ada perjanjian kerja bagi mereka yang berprestasi nantinya,” ucap Maman. (***)

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.