Puluhan Ribu Nelayan di Maluku Tengah tak Miliki Kartu Kusuka

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-MASOHI– Dinas Perikanan mencatat sampai dengan tahun 2024 ada sebanyak 29.841 nelayan di Kabupaten Maluku Tengah yang belum memiliki Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka). Baru 833 nelayan yang telah mendapat kartu tersebut.

“Biasanya kartu ini kita kasih untuk nelayan tangkap, nelayan budidaya ikan, distributor ikan dan pengecer ikan,” kata  Falidator Kusuka Dinas Perikanan Maluku Tengah, Mujiburahman Tuhulele di Masohi, Senin (20/5/2024).

Dia tak merinci lebih lanjut terkait berapa jumlah kartu yang sudah dikeluarkan kepada masing-masing nelayan tangkap, nelayan budidaya, distributor hingga pengecer ikan. Karena menurut dia setiap hari jumlah itu terus naik.

Mujiburahman Tuhulele menceritakan, pengurusan kartu kusuka saat ini sudah berbeda dengan yang dulu. Saat ini ingin mengurusi kartu itu, harus menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) nelayan. Dulunya tidak, surat keterangan dari desa sudah cukup. Hanya saja kata dia, desa salah gunakan.

“Desa terbitkan keterangan yang bukan nelayan. Mungkin saja yang bersangkutan orang dekatnya kepala desa lalu kepala desa terbitkan. Ini sesuai yang kita temukan. Orang-orang yang bukan nelayan mendapatkan kartu Kusuka,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, dinas sudah mengusulkan hal ini ke Kementerian agar  dalam pengurusan Kartu Kusuka tidak boleh lagi pakai keterangan dari desa melainkan harus mengunakan KTP nelayan.

“Mulai saat ini harus pakai KTP nelayan. Jika tidak, yang bersangkutan tidak dapat kartu kusuka,”tegas dia

Ia berharap sebanyak 29.841 nelayan di Kabupaten Maluku Tengah yang belum memiliki kartu Kusuka dapat segera mengurusnya. Karena kartu ini mempermudah pelaku usaha perikanan dan kelautan dalam mengakses transaksi daring dan mempermudah melakukan akses pembiayaan kredit usaha rakyat.

BACA JUGA :  UPP Tual Gelar Apel Siaga Posko Angkutan Lebaran

Data Dinas Perikanan Maluku Tengah mencatat hingga tahun ini nelayan di Maluku Tengah berjumlah 30.674 orang. Nelayan yang sudah miliki kartu kusuka hanya 833 orang. Sementara yang belum sejumlah 29.841 nelayan.

Penulis: Nair Fuad

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.