BMKG Peringatkan Banjir Rob Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Pesisir Maluku

oleh
oleh
Ilustrasi: Saat banjir Rob melanda kawasan wisata Pulau Osi Kabupaten Seram Bagian Barat beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Ambon mengeluarkan peringatan potensi terjadinya banjir Rob di beberapa wilayah pesisir Maluku.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Ashar, dalam keterangannya pada Selasa (21/5/2024), mengungkapkan, potensi banjir Rob dapat terjadi akibat adanya fenomena Fase Bulan Purnama pada tanggal 23 Mei 2024. Fenomena ini berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Berdasarkan pantauan kondisi atmosfer, arah dan kecepatan angin, data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (Rob) dapat disertai dengan gelombang pasang berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Maluku pada rentang waktu antara tanggal 21 – 28 Mei 2024,

Wilayah yang berpotensi terdampak banjir Rob diantaranya pesisir Pulau Ambon; pesisir Selatan Pulau Seram; pesisir Seram Timur; pesisir Pulau Banda; pesisir Kepulauan Tanimbar; pesisir Kepulauan Kai; pesisir Kepulauan Aru.

BACA JUGA: KKP Kolaborasi dengan Polda Maluku Ungkap TPPO dan Distribusi BBM Solar Ilegal di Tual

Potensi gelombang pasang dan banjir Rob tersebut akan terjadi pada waktu berbeda (hari dan jam) pada setiap wilayah. Potensi gelombang pasang dan banjir Rob ini secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan dan aktivitas di pemukiman pesisir.

“Masyarakat dihimbau agar tidak panik serta selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” ajaknya.

Penulis: Husen Toisuta

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

BACA JUGA :  SKK Migas Temukan Harta Karun di Pulau Seram Maluku Tengah, Potensinya Capai 5 Miliar Barel

No More Posts Available.

No more pages to load.